Ternyata Benjolan Pada Permukaan Kulit Bisa Jadi Ciri-ciri Kanker Kulit!

Perlu Di Waspadai! Ketahui 7 Ciri-Ciri Awal Kanker Kulit
Ciri-Ciri Awal Kanker Kulit

Kanker kuit muncul dengan ciri-ciri yang sedikit orang menyadarinya, lho. Cari tahu cari-ciri awalnya disini!

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit. Kondisinya ditandai dengan perubahan pada kulit, seperti munculnya benjolan, bercak ataupun tahi lalat dengan bentuk dan ukuran yang enggak normal.

Kanker kulit ini biasanya disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel kulit. Penyebab perubahan itu sendiri belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Contohnya sinar ultraviolet dari matahari juga dapat merusak kulit dan memicu pertumbuhan yang enggak normal pada sel kulit kamu, bisa-bisa berpotensi menjadi sel kanker.

Lalu, apa saja ciri-ciri awal kanker kulit yang perlu kamu waspadai? Berikut Woop sudah merangkum informasinya, keep on reading Woop Ladies!

Ciri-ciri Awal Kanker Kulit Yang Harus Di Waspadai

1. Kulit menjadi gatal dan nyeri

Ciri-ciri awal Kanker Kulit - Kulit menjadi gatal dan nyeri
Kulit menjadi gatal dan nyeri

Ketika rasa gatal dan nyeri muncul, ini adalah salah satu tanda bahwa sel kanker sedang menyerang kulit tubuh yang sehat. Rasa gatal dan nyeri ini biasanya muncul pada bagian permukaan kulit yang tampak bersisik atau bertekstur kasar.

2. Kulit menjadi tampak bersisik

Ciri-ciri Awal Kanker Kulit - Kulit menjadi tampak bersisik
Kulit menjadi tampak bersisik

Selain kulit terasa gatal dan nyeri, kulit yang terkena kanker juga akan bersisik seperti ketika kamu terkena penyakit kadas. Hal itu karena rusaknya sel kulit akibat sel kanker, yang membuat kulit enggak mampu mengalami regenerasi, sehingga dipermukaan kulit kamu akan muncul sisik.

3. Kulit berubah warna dan muncul tahi lalat

Ciri-ciri awal Kanker Kulit - Kulit berubah warna dan muncul tahi lalat
Kulit berubah warna dan muncul tahi lalat

Jenis kanker kulit yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah melanoma. Tandanya adalah terjadi perubahan warna pada kulit di bagian tubuh tertentu, atau bahkan muncul tahi lalat yang semakin lama semakin besar. Kondisi ini disebabkan karena sel yang memproduksi melanin atau pigmen kulit bermutasi berubah menjadi sel kanker. Perubahannya disebabkan karena tingginya radiasi sinar UV pada kulit. 

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara yang Paling Sering Muncul

4. Muncul bercak-bercak pada kulit

Ciri-ciri awal Kanker Kulit - Muncul Bercak Pada Kulit
Muncul Bercak Pada Kulit

Bercak ini bisa muncul secara tiba-tiba tanpa kamu sadari apa penyebabnya, lho. Kalau awalnya berukuran kecil, maka pada kanker kulit bercak tersebut akan tumbuh semakin besar dan melebar. Woop ingatkan, jangan sampai kamu abaikan apabila tiba-tiba muncul bercak hitam yang ukurannya membesar dan melebar atau bahkan terasa nyeri.

5. Sendi terasa nyeri

Ciri-ciri Awal Kanker Kulit - Sendi terasa nyeri
Sendi terasa nyeri

Jenis kanker melanoma biasanya juga bisa menyebar ke bagian tulang dan bisa menimbulkan rasa nyeri pada sendi. Biasanya rasa nyeri tersebut sering muncul di bagian pinggang dan lutut. Jadi jangan dianggap sepele apabila kamu merasakan nyeri di bagian tersebut dengan jangka waktu yang lama.

6. Muncul luka kecil yang bertekstur kasar

Ciri-ciri Awal Kanker Kulit - Muncul luka kecil yang bertekstur kasar
Muncul luka kecil yang bertekstur kasar

Tanda awal munculnya sel kanker kulit juga biasanya muncul berupa luka kecil yang bertekstur kasar. Lama kelamaan luka tersebut bisa menjadi benjolan yang berkerak. Biasanya luka kecil ini muncul di area tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti wajah, leher dan kulit kepala. Selain itu juga sering muncul didaerah punggung dan dada.

7. Muncul benjolan pada permukaan kulit

Ciri-ciri Awal Kanker Kulit - Muncul benjolan pada permukaan kulit
Muncul benjolan pada permukaan kulit