Dari Sekarang: Cintailah dan Rawatlah Mata Kita

Dari Sekarang: Cintailah dan Rawatlah Mata Kita
ISTOCK

Salah satu cara: terapkan aturan 20-20-20. 

Dari sekian banyak hal yang sangat penting, gunakan tiap hari tanpa terlalu memikirkan perawatannya adalah mata. Terutama kita yang memiliki penglihatan sempurna. Diperkirakan bahwa 9 dari 10 kita akan mengalami sejumlah gejala ketidaknyamanan yang disebut sebagai computer vision syndrome, dengan gejala paling umum antara lain pandangan kabur, kelelahan, kekeringan dan iritasi mata. Selain itu, jumlah anak penderita myopia semakin tinggi dan di Asia Timur, angka remaja dan kaum muda dengan kondisi rabun dekat semakin meningkat. 

Untuk menyarankan berhenti total memandangi layar komputer atau ponsel, hanya akan membuatmu memutar bola mata sambil menghela nafas panjang. Untungnya, ada 1001 solusi untuk merawat mata dari sekarang. 

Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat mungkin cara yang paling dianjurkan. Makanan yang mengandung antioksidan seperti Vitamin A dan C baik untuk kesehatan mata. Namun sebaliknya, jika kamu kekurangan antioksidan, dan banyak mengkonsumsi alkohol serta lemak jenuh, akan terjadi reaksi radikal bebas yang dapat membahayakan bagian tengah retina, dan bisa mengakibatkan katarak. 

Jaga Berat Badan

Ternyata menjaga berat badan bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan mata. Jika kamu memiliki berat badan yang kurang ideal bahkan tergolong obesitas, resiko terkena diabetes akan semakin tinggi. Diabetes bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. Jaga kesehatan dengan berolahraga dan kurangi makanan yang mengandung gula.

Gunakan Kacamata Hitam

Memakai kacamata hitam akan membantu melindungi mata dari sinar Utraviolet (UV). Asal tahu saja, mata telanjang yang terlalu sering terpapar sinar UV bisa menyebabkan katarak dan degenerasi makula. 

Istirahat/Tidur

Jika tidur tidak cukup dan berkualitas, pada akhirnya bisa berujung pada sebuah kondisi yang bernama ischemic optic neuropathy. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi di saraf optik karena kurangnya peredaran darah dan hal ini bisa membuatmu mengalami rasa sakit tajam di salah satu atau kedua bagian mata, juga sulit melihat dengan jelas.