Waspada! Demam Berdarah Kini Bisa Tertular Lewat Hubungan Seks

Waspada! Demam Berdarah Bisa Tertular Lewat Hubungan Seks
Demam berdarah

Tak hanya lewat nyamuk, penyakit demam berdarah ternyata juga bisa terluar melalui hubungan seksual. Ini penjelasan kasusnya.

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit mematikan yang tersebar di seluruh dunia. Setiap tahunnya, angka kasus penyebaran demam berdarah bahkan terus meningkat di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, Demam berdarah dengue atau biasa disingkat DBD adalah penyakit menular yang terjadi akibat virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Seolah tak ada habisnya, kini kekhawatiran justru semakin bertambah karena penularan penyakit demam berdarah ternyata bisa terjadi lewat hubungan seksual.

Sebuah kabar mengejutkan datang dari otoritas kesehatan Spanyol pada Jumat (8/11) lalu. Menurut pemberitaan, seorang pria telah menularkan demam berdarah kepada pasangannya melalui hubungan seks, hal itu pun menjadi kasus pertama yang terjadi di dunia.

Baca juga: Apakah Asuransi Kesehatan dari Kantor Cukup?

Nyamuk demam berdarah
Nyamuk demam berdarah

Kasus ini muncul setelah seorang pria berusia 41 tahun terkena demam berdarah setelah berhubungan seks dengan pasangannya, yang lebih dulu terinfeksi virus setelah digigit nyamuk di Kuba.

Infeksi tersebut dikonfirmasi pada bulan September dan membuat beberapa dokter di sana sempat kebingungan. Pasalnya, pria tersebut selama ini tak pernah mengunjungi negara yang terjangkit virus DBD.

Melansir New Straits Times, petugas untuk departemen kesehatan Madrid, Susana Jimenez mengatakan, "Tim dokter telah melakukan analisis pada sperma, dan menemukan bahwa mereka tak hanya menderita demam berdarah tapi juga virus menular yang sedang beredar di Kuba."

Well, semoga saja jenis virus dengue tersebut tak sampai ke negara kita ya. Tapi apa pun itu, untuk kamu yang memang aktif secara seksual, ada baiknya melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan bahwa kamu dan pasangan tak membawa virus apa pun. Jangan lupa untuk selalu menggunakan proteksi juga, agar penularan virus tersebut bisa dihindari.

Selanjutnya: Sedikit yang tahu, baking soda tidak hanya bahan pembuat roti, namun juga bisa dilarutkan dalam air hangat dan digunakan untuk mandi. 

Loading Facebook Comment ...