Cara Penanggulangan yang Tepat Bagi Pengidap Gangguan Depresi

Depresi Bukan Akhir Segalanya, Ini Cara Penanggulangannya!
Gangguan Depresi

Jangan salah langka dalam menangani gangguan depresi. Berikut cara yang bisa kamu lakukan sebagai penanganan yang tepat

Selama ini, banyak orang salah mengartikan makna dan gejala gangguan depresi. Padahal, penanggulangan yang tepat perlu diberikan pada individu yang mengidap depresi. Agar lebih memahami dan bisa memberikan pertolongan yang tepat, yuk pahami seluk-beluk gangguan depresilebih dalam lagi.

Gangguan Depresi dan Cara Penanganannya

Pengertian Gangguan Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang berdampak pada penurunan kondisi emosi, fisik dan pikiran akibat sedih, hampa dan ketidakberdayaan berkepanjangan. Kondisi ini menetap minimal dua minggu berturut-turut lamanya. Depresi merupakan kumpulan dari beberapa gejala seperti kehilangan nafsu makan, hilangnya minat pada kegiatan sehari-hari, hingga gangguan tidur.

Menurut Psikolog Firman Ramdhani, M.Psi, Depresi bukan cuma masalah sedih, tapi ada aspek lainnya yang ikut mempengaruhi. "Sedih iya, mungkin itu part of depresinya, tapi ini lebih berat daripada sedih itu sendiri."

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Depresi

Gejala dan Penyebab 

Orang dengan depresi mengalami kesedihan dan kekosongan berhari-hari. Dirinya merasa nggak punya harapan hidup, gagal, dan hancur lebur.

Ditemui di MULA pada Senin (14/10), Firman menyebutkan bahwa gangguan depresi nggak muncul begitu saja, melainkan gejalanya sudah ada sejak lama, bahkan bisa jadi sejak penderita masih kecil.

Gangguan Depresi
Gangguan Depresi

Depresi timbul akibat pengalaman yang nggak menyenangkan atau traumatis. Contoh peristiwa atau keadaan yang dapat menimbulkan depresi antara lain adalah penyiksaan atau pelecehan, kematian seseorang yang dicintainya, masalah dalam hubungan (pernikahan, persahabatan, keluarga, percintaan, dan rekan kerja), serta kesulitan ekonomi. 

"Intinya, penderita gangguan depresi itu punya tingkat strees lebih rentan dibanding orang lain. Semakin dewasa tingkat stressnya terus bertambah dan akhirnya bisa timbul gangguan depresi," ungkap Firman.

Penanganan Tepat bagi Pengidap Gangguan Depresi

Beberapa penanganan yang bisa dilakukan jika kamu atau orang terdekat terbukti mengidap gangguan depresi adalah melakukan Cognitive Behavioral Therapy (Psikoterapi).

Terapi ini akan membantu orang dengan depresi untuk mengenali pikiran dan perasaan negatif, dan membuat orang tersebut lebih sadar akan alasan pikiran dan perasaan negatif itu datang. Dalam terapi ini, selanjutnya psikolog akan membantu klien untuk reframing (menata ulang cara berpikir) agar pikiran dan perasan negatif tersebut tidak selamanya menghambat aktivitas seseorang.

ISTOCK
Gangguang Depresi

Selain itu bisa juga melakukan mediasi (Psikiater), yaitu terapi menggunakan obat-obatan seperti anti depresan. Obat-obatan yang diberikan oleh profesional ini, dapat membantu orang dengan gangguan depresi agar suasana hatinya membaik sehingga mereka bisa kembali beraktivitas dan fokus atas pekerjaannya.

Baca juga: Depresi: Apa Arti, Gejala dan Cara Menghadapinya?

Jika Kerabat Mengidap Gangguan Depresi

Beberapa dari kita sering kali bingung menghadapi situasi ketika orang terdekat memiliki gangguan depresi. Padahal, penanggulangannya terbilang mudah, yaitu cukup menjadi pendengar yang baik.

"Jadi simpel, kalau di lingkungan sekitar ada yang terindikasi gangguan depresi, sebagai teman idealnya aktif mendengarkan curhat mereka, tanpa judgmental dan membuat mereka semakin down." ujar Firman kembali menjelaskan.

Namun menurut Firman, ada kalanya seseorang menjadi burn out, atau bosan dan nggak fokus mendengarkan curhat. Jika hal itu terjadi, sesi curhat justru akan berakhir salah langkah dan membuat pasien menjadi semakin tertekan.

Dalam ilmu psikologi, kita nggak boleh asal memberikan masukan, tapi melihat bagaimana karakter individunya. Namun lebih baik lagi, memang sebaiknya nggak perlu memberi saran atau masukan karena nanti malah menjadi judgemental, jadi cukup dengarkan saja apa masalah pasien.

Gangguan Depresi
Gangguan Depresi

Untuk itulah perlu dilihat case by case, beberapa opsi yang bisa menjadi pertimbangan antara lain memberi tahu orang tua pasien, tentunya jika memungkinkan. Kemudian bisa juga memberi tahu guru BK, atau staff konseling di kantor, tergantung situasi dan keadaan pasien.

Selain itu, pilihan lainnya adalah kamu bisa mengajaknya ke komunitas yang spesifik menangani masalah kesehatan mental. Terakhir, ajak dia ke psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut terkait gangguan depresi.

Nah ladies, itu tadi beberapa penanganan yang tepat pada gangguan depresi. Jika memang orang terdekatmu mengidap gangguan tersebut, yuk berikan dukungan dan jadi pendengar yang baik untuknya.

Selanjutnya: Dalam rangka memperingati World Mental Health Day 2019, MULA X PDC mengadakan seminar Mental Health 101.

Loading Facebook Comment ...