Lakukan Detoks Kulit dengan 4 Bahan Alami Ini

4 Bahan Alami Detoks Kulit
ISTOCK

Sudah terlalu banyak polutan eksternal di kulit, bersihkan tubuh dari racun-racun terkutuk. 

Kulit tidak pernah bohong. Jika di sebuah pagi yang cerah, kamu mendapati ada jerawat, bintik kemerahan, atau kantong mata, itu berarti kulitmu ingin mengatakan sesuatu dan sebaiknya dengarkan baik-baik. Mungkin dia ingin mengatakan bahwa sudah terlalu banyak polutan eksternal di kulit—berasal dari asap rokok, polusi udara, pestisida, dsb—yang menyebabkannya kusam, berjerawat, kering, iritasi, dan penuaan prematur. Dan butuh dibersihkan. Detoks. ASAP. 

Kulit merupakan jalur masuk racun-racun ke dalam tubuh, karena polutan dapat diserap oleh permukaan kulit. Dengan prinsip yang sama, anti-oksidan untuk mendetoks racun-racun tersebut juga bisa dimasukkan melalui kulit. Dan detoks ini bisa dilakukan dengan body scrub yang mengandung bahan-bahan alami berikut ini. 

#1. CARDAMOM

Bisa dibilang, cardamom adalah harta terpendam dalam daftar panjang bumbu dapur. Rempah ini menstimulasi pikiran, sirkulasi darah, bahkan sains mulai mempelajari potensinya dalam melawan bibit kanker. Cardamom dikenal sebagai pelaku detoks, biasa digunakan di aromaterapi, obat-obatan herbal, dan Ayurveda karena kemampuan hebatnya mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh.

Menurut sebuah studi di British Journal of Nutrition, aktivitas anti-oksidan yang terkandung di cardamom efektif untuk mencegah perkembangan tipe-tipe sel kanker. Dan dalam level personal, kandungan anti-bakterinya membantu merawat kulit berminyak dan jerawat.

Untuk menggunakannya sebagai bahan detoks, tambahkan cardamom dengan gula, garam, atau body scrub. Atau masukkan satu sendok makan ke dalam oatmeal untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. 

#2. LADA HITAM

Lada hitam dikenal dengan kemampuannya mendetoks kulit dan organ yang dilindunginya. Seperti yang dikemukan pada Health.com, lada hitam bisa menstimulasi sirkulasi darah, membawa oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit. Konsistensi lada hitam juga bisa mengelupas kulit mati dan menyediakan ruang untuk sel kulit sehat. Tidak hanya itu, rempah ini mengandung anti-oksidan, anti-inflamasi, dan agen anti-mikrobial yang melawan radikal-radikal bebas.

Menurut University of Michigan Cancer Center Study, senyawa piperin yang ditemukan di biji lada merupakan sebuah bahan kimia yang dapat mencegah terbentuknya tumor kanker payudara dan dapat mencapai aliran darah ketika dicerna atau dihirup dari minyak esensial. 

Untuk memakainya sebagai detoxing body scrub, kombinasikan lada hitam dengan bahan eksfoliasi lain seperti garam atau gula dan tambahkan mint. 

#3. WIJEN HITAM

Minyak dari biji wijen ini mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi inflamasi dari jerawat dan nutrisinya membantu mempertahankan umur panjang kulit sehat. Baik biji wijen hitam dan putih memiliki anti-oksidan yang merupakan agen-agen hebat melawan penuaan dini. Mereka melindungi dan menyembuhkan kulit dari polusi lingkungan.

Gunakan biji wijen hitam untuk detox scrub. Campur dengan minyak, tambahkan jahe kering dan giling sampai menghasilkan konsistensi yang kamu inginkan. 

#4. MATCHA GREEN TEA