Detoks Kulit Kepala untuk Rambut yang Lebih Sehat

Detoks Kulit Kepala untuk Rambut yang Lebih Sehat
ISTOCK

Tidak hanya rambut, kulit kepala pun butuh perawatan. 

Untuk memastikan rambut tumbuh subur dan panjang tidak cukup hanya dengan mencucinya—cara lebih jauh adalah dengan melakukan perawatan detoks pada kulit kepala.

daihatsu banner

Terkadang kita lupa bahwa kulit kepala itu hidup dan bernafas, sementara helai rambut sebaliknya. Ironisnya, berbagai perawatan kita lakukan untuk menjaga rambut dan menelantarkan tempat rambut tersebut berdiri: kulit kepala. Tak jarang kulit kepala gatal dan kering dan membuat kita bertanya-tanya apa sebabnya, “Padahal kan, sudah dirawat dengan berbagai produk?” Ini adalah cara kulit kepala memberitahu bahwa sesuatu yang salah sedang terjadi, atau dengan kata lain, dia sudah tidak bisa bernafas!

Sebagai informasi, produk rambut yang kita gunakan tiap hari bisa bertumpuk di atas kulit mati, kemudian menyumbat pori-pori dan akhirnya menghasilkan rambut kering, kusam, dan juga menghambat pertumbuhan rambut. Kotoran sebanyak itu tidak bisa dibersihkan hanya dengan shampoo. Oleh karena itu, detoks rambut perlu dimasukkan ke dalam jadwal rutin perawatan rambut.

Bagaimana cara mendetoksifikasi rambut?

Sebuah perawatan detoks rambut melibatkan proses pijat-memijat dengan masker untuk mengelupas kulit kepala, membuka pori-pori dari kulit mati dan melepaskan racun-racun dari folikel dan ujung rambut serta kelenjar minyak.

Resep masker rambut untuk detoks:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh baking soda

Baking soda adalah bahan pembersih alami yang menyerap minyak, kotoran, dan sisa-sisa produk dari rambut.

  • 2 sendok makan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya antioksidan, ampuh untuk memerangi ketombe dan kulit kepala kering. Selain itu juga mampu mencegah kerontokan rambut dengan mengurangi produksi dihydrotestosterone (DHT), sebuah hormon yang menurunkan pertumbuhan folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

  • ½ sendok teh bubuk kayu manis

Kayu manis mengandung senyawa organik, eugenol dan cinnamaldehyde, yang merupakan antiviral, antifungal, dan anti bakteri untuk melindungi kulit kepala dari infeksi jamur dan bakteri.

Cara mendetoks rambut:

Untuk mencegah rambut dan kulit kepala kering, perawatan masker ini khusus untuk pembersihan mendalam dan maksimal hanya dilakukan sekali sebulan.

  1. Campur semua bahan dalam sebuah mangkok.
  2. Bagi rambut dalam kelompok-kelompok kecil dan oleskan masker di setiap bagian garis kulit kepala.
  3. Pijat masker ke dalam kulit kepala dengan lembut dalam gerakan melingkar.
  4. Tutup rambut dan kulit kepala dengan handuk atau shower cup selama 10-15 menit.
  5. Cuci rambut seperti biasa dengan shampoo dan kondisioner. 
Shop From Our Partner Cathaofficial.com