Efektif Turunkan Berat Badan, ini Cara Tepat Lakukan Diet OCD

Efektif Turunkan Berat Badan, ini Cara Tepat Diet OCD
Cara Tepat Lakukan Diet OCD

Diet OCD diperkenalkan oleh artis sekaligus Youtuber Deddy Corbuzier. Penasaran bagaimana cara diet OCD yang benar? Berikut cara-caranya!

Diet sebenarnya merupakan aturan makan yang memiliki tujuan tertentu seperti ingin sehat ataupun agar badan terlihat lebih ramping. Diet memang banyak jenisnya, ada diet mayo, diet 5:2, diet dukan, diet keto, diet paleo, diet alkaline, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu jenis diet yang terkenal dan dipopulerkan oleh artis sekaligus Youtuber asal Indonesia adalah OCD. OCD merupakan singkatan dari Obsessive Corbuzier's Diet yang dikenalkan dan dipopulerkan oleh public figur ternama Indonesia, Deddy Corbuzier.

Daddy Corbuzier
Daddy Corbuzier

Tahun 2013 lalu, Deddy mengejutkan publik dengan bentuk tubuhnya yang semakin kekar dan berotot. Ternyata, Deddy melakukan diet untuk membentuk tubuhnya.Keberhasilan diet Deddy menginspirasi orang lain untuk mencoba metode diet yang OCD ini. Lalu, apa saja cara efektif turunkan berat badan dengan diet OCD ini? Simak penjelasan yang sudah di rangkum Woop berikut!

Cara Efektif Diet OCD

Metode diet ini puasa dengan menggunakan sistem jendela makan. Nah, jendela makan sendiri adalah lamanya waktu ketika kamu diperbolehkan makan. Waktu makannya berbeda-beda dan bebas sesuai pilihan, ada yang dimulai dengan waktu 8 jam, 6 jam, hingga 4 jam saja dalam sehari. Sesuaikan ya dengan kuatnya badan kamu!

1. Jendela makan pertama (16:8)

Jendela makan pertama
Jendela makan pertama

Jendela makan ini dilakukan biasanya pada pemula. awalnya kamu bisa mencoba 8 jam jendela makan dalam sehari dan puasa selama 16 jam. Pada jendela makan ini, kamu boleh mengonsumsi makanan dan minuman apa saja selama 8 jam.

Setelah jendela makan habis, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman apapun kecuali air putih. Dalam mengatur jadwal puasa dan jendela makan, baiknya dilakukan dalam waktu yang teratur selama kurun waktu 2 minggu. 

Baca juga: Apa saja yang Harus Kamu Ketahui Tentang Diet Keto?

2. Jendela makan kedua (18:6)

Jendela makan kedua
Jendela makan kedua

Pada tahap kedua, sedikit perbedaan dan penambahan waktu diet. Di tahap ini kamu boleh mengonsumsi makanan apa saja dalam durasi 6 jam. Setelahnya, kamu diwajibkan berpuasa selama 18 jam. Contohnya, kamu membuka jendela makan pada jam 10 pagi. Nah, 8 jam berikutnya, yaitu pukul 4 sore, kamu sudah mulai puasa. Dan tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman apa pun kecuali air putih.

Hal ini dilakukan hingga pukul 10 pagi keesokan harinya. Baiknya lewati dulu jendela puasa tahap pertama dan baiknya dilakukan selama 2 minggu.  

3. Jendela makan ketiga (20:4)

Jendela makan ketiga
Jendela makan ketiga

Disaat tubuh sudah merasa terbiasa, bisa lanjut ke tahap ketiga. Jadi di tahap ini bisa dimulai dengan jendela makan yang sangat sedikit, yaitu hanya 4 jam saja dalam satu hari.  Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dari tahap-tahap sebelumnya. Perbedaannya hanya pada waktu puasa dan jendela makan. Pada tahap yang cukup berat ini, kalau kamu merasa kesulitan atau berat diet ini justru tidak akan manjur buat kamu, jadi jangan dipaksakan ya!

4. Jendela makan keempat (makan sehari sekali)

Jendela makan keempat
Jendela makan keempat

Tahap keempat ini adalah jendela makan paling sulit untuk dilakukan. Pada tahap keempat ini, kamu harus puasa makan selama 24 jam. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh makan sama sekali, ya. Kamu tetap diperbolehkan makan, tapi hanya sekali dalam satu hari. Misalnya kita memulai diet OCD tahap ini pada jam 6 sore, maka kamu hanya makan saat jam 6 sore saja. Saat puasa, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih sampai waktu jendela makan keesokan harinya. 

Coba lakukan selama dua minggu saja, agar tubuh tidak mengalami minim nutrisi ataupun menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut adalah cara efektif menurunkan berat bedan dengan melakukan diet OCD. Setelah mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang diinginkan, jangan langsung melepas kebiasaan jendela makan ya Woop Ladies, agar tubuh tidak terkejut dan kembali ke berat badan sebelumnya.

Selanjutnya: It’s wine o’clock! Apakah kamu tahu bahwa anggur merah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuhmu?

Loading Facebook Comment ...