Duh, Terlalu Sering Menyimpan Rahasia Buruk Buat Kesehatan

Duh, Terlalu Sering Menyimpan Rahasia Buruk Buat Kesehatan
SHUTTERSTOCK

Setiap orang punya rahasia, tapi terlalu banyak menyimpan rahasia bisa berdampak buruk pada tubuh.

Apakah kamu sedang menyimpan rahasia? Yep, semua orang pasti memiliki rahasia menyimpan rahasianya sendiri bahkan rahasia orang lain. Namun tahukah terlalu sering menyimpan rahasia bisa berdampak buruk pada tubuh? 

Sebuah studi baru mengungkap masing-masing orang menyimpan sedikitnya 13 rahasia dan lima di antaranya tidak pernah diberitahukan kepada siapapun. Menyimpan sendiri rahasia yang terlalu lama bisa berdampak pada kondisi fisik, mental, dan emosi. Seorang konselor, Jennifer McClendon menyebutkan bahwa menyimpan rahasia bisa menyebabkan sulit tidur, menurunnya daya konsentrasi, dan meningkatkan perasaan cemas sekaligus gelisah. Dengan kata lain, menyimpan rahasia bisa benar-benar membuat kita stres. 

Hal ini juga sama seperti yang dikatakan oleh Michael Slepian, seorang peneliti dari Colombia Business School, "Saat menyimpan rahasia, kita akan menghabiskan lebih banyak energi mental untuk memikirkannya ketimbang menutupinya. Maka ini akan berdampak pada kesejahteraan mental kita.” 

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Baca: 7 Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres

Mengapa menyimpan rahasia bisa memengaruhi kesehatan tubuh? 

Orang yang memendam rahasia biasanya akan berusaha keras untuk menghindari hal-hal yang berkaitan yang dengan rahasia tersebut. Meski kadang tidak disadari, kamu bisa menguras banyak tenaga untuk memikirkan bagaimana caranya supaya tidak kelepasan bicara atau menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan rahasia tersebut. Kamu juga akan sering was-was bila suatu saat rahasiamu terbongkar.

Akhirnya rasa cemas, takut, dan tertekan akan membuat stres mudah meningkat. Ini tentu berbeda dengan orang yang lebih terbuka dan tidak banyak menyimpan rahasia. Stres inilah yang lantas berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Stres yang kita rasakan karena terlalu lama menyimpan rahasia atau terlalu banyak menyembunyikan rahasia juga bisa berpengaruh pada kondisi fisik kita. Kita bisa mengalami gangguan pernapasan dan jadi lebih gampang letih dalam rutinitas kita, nyeri pinggang bahkan libido pun akan menurun. Jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya jangan sampai terlalu lama atau terlalu banyak menyimpan rahasia.

Semakin besar dan banyak rahasia yang dipendam sendiri, semakin tinggi risiko kondisi kesehatan tubuh dan pikiran ikut terganggu. Segala sesuatu yang berlebihan memang tak baik untuk tubuh, termasuk berlebihan dalam menyimpan rahasia seorang diri.

Selanjutnya: Buat para penggemar Hot dog, empat restoran ini menyajikan hot dog super enak yang bisa jadi pilihan makan siangmu. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com