Fakta atau Hoax: 10 Mitos Anti Penuaan

Fakta atau Hoax: 10 Mitos Anti Penuaan
ISTOCK

Jangan terlalu percaya dengan apa yang kamu dengar.

Dari semua masalah yang terjadi pada kulit wajah, masalah penuaan memang yang tidak bisa dihindari. Lewat satu atau cara yang berbeda-beda, setiap orang akan mengalaminya (termasuk Jennifer Lopez). Dan hal tersebut merupakan sebuah fakta, bukan mitos. Selain itu, ada beberapa hal tentang penuaan yang memang fakta atau hanya mitos. 

MITOS #1: Semakin mahal produknya, semakin bagus hasilnya.

Untuk produk kecantikan, kalimat “harga tidak pernah bohong” itu tidak selalu berlaku. Tanamkan baik-baik bahwa bahan-bahan di dalam sebuah produk sebenarnya bukanlah faktor yang membuat harganya mahal. Pasalnya, hampir sebagian besar designer makeup menggunakan bahan-bahan yang sama seperti merk biasa. Meski designer makeup mungkin menambahkan unsur lain seperti pigmen atau wewangian, pada dasarnya mengandung komponen yang sama. Merk ternama, kemasan, kemudahan dipakai merupakan beberapa faktor yang membuat harga sebuah produk meroket. 

MITOS #2: Air bisa membuat awet muda.

Ternyata salah. Dr. Sam Bunting, seorang dermatologis kosmetik,mengatakan pada sebuah artikelbahwa air memang baik untuk tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Namun jika tidak memiliki penahan air yang tepat, kulit akan tetap mengalami dehidrasi dan pengeriputan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga hidrasi kulit, tidak hanya dari dalam tapi juga dari luar dengan produk pelembab. 

MITOS #3: Penggunaan tabir surya bisa mengurangi penuaan kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan tabir surya secara regular melindungi kulit dari photoaging: kerutan, bintik-bintik hitam dan kehilangan elastisitas yang disebabkan oleh paparan radiasi ultaviolet dari matahari. Ingat: radiasi matahari ini merupakan penyumbang terbesar penuaan dan kerutan dini. 

MITOS #4: Tidak membutuhkan krim matahari saat mendung.

SALAH. Kamu tetap membutuhkankrim matahari saat cuaca mendung maupun hujan. Pasalnya, sinar matahari tetap bisa menembus awan. 

MITOS #5: Kulit kering lebih cepat berkerut.