Banner

Hal-hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Tidur Malam

Hal-hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Tidur Malam
Waktu Tidur yang Baik

Banyak mitos yang beredar tentang tidur malam. Pelajari hal-hal penting yang perlu kamu ketahui agar memiliki kualitas tidur yang baik.

Setelah seharian beraktivitas, tentunya tubuh memiliki batasan dan diharuskan untuk beristirahat. Jika ditanya soal jam tidur, setiap orang memiliki kebiasaannya masing-masing. Ada yang biasa tidur pada jam 8 sampai 9 malam, ada juga yang tidur di atas jam 12 malam.

Lalu jam berapakah seseorang sebaiknya tidur di malam hari? Apakah ada aturan khusus mengenai jam tidur?

Kali ini Woop akan membahas permasalahan yang sering muncul terkait tidur. Yuk kita bahas!

Jam Tidur Terbaik

Sebenarnya nggak ada aturan khusus mengenai jam berapakah sebaiknya kita pergi tidur di malam hari. Hal seperti yang diungkapkan oleh National Sleep Foundation menyebutkan nggak ada aturan khusus mengenai jam untuk tidur di malam hari.

Namun, manusia membutuhkan waktu tidur paling nggak 7 sampai 9 jam per hari. Jadi, jika kamu perlu bangun di jam 7 pagi, berarti kamu perlu pergi tidur di malam hari ketika jam 11. Jika dihitung mundur, berarti kamu akan mendapatkan durasi tidur selama 8 jam.

Jam Tidur Terbaik
Jam Tidur Terbaik

Walaupun demikian, ada jam paling optimal untuk memulai tidur di malam hari, yaitu jam 8 hingga 12 malam. Dengan jam tidur ini, tentunya kamu bisa mengatur waktu dan bisa bangun lebih pagi jika dihitung durasi tidur selama 8 jam. Kamu hanya perlu mengatur waktu tidur agar bisa bangun tepat waktu.

Jika kamu sering bangun sebelum alarm kamu berbunyi, cobalah tidur lebih dini agar kualitas tidur lebih terjaga. Begitu pula sebaliknya, jika kamu terbangun ketika alarm berbunyi, tapi kamu masih merasa lemas, cobalah tidur lebih malam.

Baca Juga: Review Aplikasi Sleepo: Aplikasi Untuk Kamu yang Susah Tidur

Jika Waktu Tidur Tidak Cukup

Jika waktu tidur kamu kurang, tentunya terdapat beberapa efek samping yang dapat merugikan kesehatan kamu. Antara lain:

  1. Sakit kepala
  2. Mood nggak stabil
  3. Kurangnya konsentrasi
  4. Mudah depresi
  5. Daya ingat menurun
  6. Gairah seks menurun
  7. Tingkat kesuburan terganggu
  8. Sistem kekebalan tubuh menurun
  9. Berat badan mudah naik
  10. Meningkatnya resiko diabetes, jantung, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Penyebab Gangguan Tidur

Penyebab Gangguan Tidur
Penyebab Gangguan Tidur

Bagi kamu yang sulit tidur atau bisa tertidur namun kualitasnya kurang baik, ada beberapa penyebab gangguan tidur yang mungkin kamu rasakan. Ada dua jenis gangguan tidur yang mungkin kamu alami, pertama adalah pikiranmu yang berupa stres, depresi, atau gangguan kecemasan.

Yang kedua adalah karena gangguan kesehatan berupa proses penuaan, gaya hidup yang kurang baik, gangguan pernapasan, minuman beralkohol, bahkan pola tidur sehari-hari yang kurang baik. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, alangkah baiknya mengubah pola hidup agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup pula.

Bagaimana Jika Bekerja Shift?

Lalu bagaimana dengan kamu yang bekerja selalu berganti-ganti shift? Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kualitas tidur kamu tetap terjaga.

  1. Minimalkan bekerja pada shift malam. Jika memang terpaksa, hindari terlalu sering bertukar-tukar shift agar kamu tetap bisa menjaga pola tidurmu.
  2. Jika pekerjaan telah selesai, segeralah pulang dan upayakan agar cepat sampai di rumah. Semakin kamu lama, maka semakin kamu lebih lama terjaga dan membuatmu sulit tidur.
  3. Minum kafein sebelum bekerja, bukan ketika akan pergi tidur.
  4. Luangkan waktu untuk beristirahat ketika bekerja.
  5. Gunakan kacamata hitam ketika pulang agar matamu nggak terpapar teriknya matahari. Ini agar kamu mudah terlelap ketika sesampainya di rumah. Begitu pula sebaliknya, kamu perlu menggunakan lampu yang terang ketika di malam hari agar tetap terjaga.
  6. Upayakan kamarmu harus diatur agar tetap gelap dan sunyi.
  7. Ketika weekend, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat.

Selanjutnya: Rihanna bersama dengan lini kecantikannya: Fenty Beauty baru saja meluncurkan lipstik yang warnanya diambil berdasarkan zodiakmu. Penasaran?