Hari Menstruasi Sedunia, Perempuan Harus Paham 4 Hal Ini Saat Haid

Hari Menstruasi Sedunia, Perempuan Harus Paham 4 Hal Ini Saat Haid
Dok. Shutterstock

28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia. Perempuan perlu paham empat hal ini soal haid.

Apakah kamu tipe perempuan yang cuek akan kebersihan diri sendiri walaupun sedang haid? Cobalah ubah sikap itu mulai sekarang. Kenapa? Ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan bagian intimmu di masa mendatang. Bahayanya bisa sampai mempertaruhkan nyawamu lho. Nggak percaya?

Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), menjelaskan ada beberapa penyakit yang bisa  mengancam perempuan jika mereka selalu ‘cuek’ saja saat haid. Kalau kurang diperhatikan maka berisiko terkena penyakit yang bisa menyerang vagina hingga organ reproduksi perempuan.

“Tidak hanya harus rajin saat menstruasi. Sehari-hari area kewanitaan juga harus mendapat perhatian khusus agar terhindar dari berbagai ancaman tersembunyi, seperti infeksi jamur, bau tidak sedap, sampai peradangan. Selain itu, ancaman area kewanitaan yang penting diketahui perempuan adalah kanker serviks. Kanker servis menjadi pembunuh wanita terbesar di Indonesia dengan 15 ribu kasus setiap tahun,” jelas dr. Dwiana.

img

Nah, kamu tentu tidak mau dong menjadi salah satu ‘korban’ dari kanker serviks. Maka dari itu, perlu memahami empat hal penting saat menstruasi. Apa saja empat hal yang dimaksud?

“Empat hal yang ingin disampaikan melalui kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga adalah tahu, paham, jaga, rawat. Tahu pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan. Paham bagaimana cara yang tepat menjaga area kewanitaan sedini mungkin. Jaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan sejak menstruasi pertama dan harus lebih diperhatikan setelah menikah. Rawat untuk diri sendiri yang lebih sehat,” papar Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia dalam acara Betadine Feminine Care di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Menambahkan pernyataan Mada, dr. Dwiana mengingatkan kepada perempuan untuk selalu melakukan pembersihan yang rutin saat menstruasi. Penting mengganti pembalut setiap dua sampai tiga jam sekali—tidak hanya saat mandi. Ini karena bisa berpengaruh besar terhadap bakteri yang berkembang di vagina saat kamu haid.

“Kalau bakteri tertahan di pembalut selama dua sampai tiga jam saja bisa berkembang bakterinya. Konsep yang sama dengan luka bisa infeksi kalau ditutup rapat terus-menerus. Kita juga perlu cuci dengan cairan pembersih yang memiliki kandungan sedikit antiseptik dan keasaman yang tepat,” saran dr. Dwiana.

Ketika kamu haid mengalami kram perut berlebihan atau mules, itu adalah hal yang wajar. Tidak perlu panik, untuk menghilangkannya kamu hanya perlu banyak bergerak. Tak dibutuhkan minuman pereda rasa nyeri. Coba saja jalan kaki santai yang akan membantu meringankan kram karena menstruasi.

Setelah membaca artikel ini, apa kamu masih mau cuek dengan diri sendiri? Yuk pahami dan terapkan agar kita bisa hidup lebih sehat dan terus menjadi perempuan yang cerdas!

Selanjutnya: para calon pekerja perlu tahu ini, lima strategi jitu saat negosiasi gaji. Dicoba ya, siapa tahu berhasil. Good luck!