Haruskah Perempuan Menghilangkan Rambut Kemaluan?

Haruskah Perempuan Menghilangkan Rambut Kemaluan?
iStock

Apa kamu rutin mencukur rambut kemaluan? Pertanyaannya, haruskah perempuan memangkas rambut kemaluan?

Angkat tanganmu jika kamu pernah mencukur, trim, wax, tweezed, atau melakukan hal lain untuk menghilangkan rambut vagina. Apa kamu melakukannya ketika akan mengenakan bikini atau thong? Atau kamu melakukannya karena perasaan agar lebih 'bersih’?

Sebelum menghilangkan rambut vagina, hal pertama yang pertama dan penting dilakukan bagaimana kamu memahami tujuan mencukur area tersebut. Ingat, rambut kemaluan sebenarnya bertindak sebagai penghalang terhadap semua jenis kuman dan bakteri yang mengancam untuk menginfeksi bagian intim kamu. 

Kedua dan yang lebih penting, kehadiran rambut vagina dapat menyerap keringat dan kelembapan berlebih. Terakhir namun tidak kalah penting, rambut kemaluan sebenarnya berfungsi sebagai pelindung serta membantu vagina terhindari dari gesekan dan iritasi.

img

Jadi, haruskah kamu mencukurnya atau tidak?

Ketika ditanya seperti itu, jawabannya biarkan rambut kemaluanmu. Jika kebersihan sangat mengganggumu, mencucinya dengan air bisa membantu. Kamu hanya perlu merapikannya saja bukan dihilangkan. 

Perlu diketahui kalau bercukur justru bisa menyebabkan perasaan seperti terbakar bila tidak dilakukan dengan benar. Iritasi dan sensasi terbakar yang kamu rasakan setelah pencabutan rambut tidak hanya di kepala tapi benar-benar terjadi. Membiarkan rambut kemaluan sebenarnya akan membuka luka mikroskopis pada kulitmu sehingga tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Mengapa hal tersebut terjadi? Ini karena ketika kamu secara teratur membuang rambut kemaluan maka dapat menyebabkan kulit teriritasi. Belum lagi bercampur dengan kulit lembap hingga bisa berisiko vaginamu terkena berbagai infeksi.

Pada akhirnya, mencukur rambut vagina sebenarnya masalah preferensi pribadi. Jadi apa kamu ingin menghilangkannya, silakan saja. Namun Woop meminta kamu memastikan untuk melakukannya dengan hati-hati demi menghindari luka bakar dan iritasi.

Masih berniat mencukur habis rambut vaginamu?

Selanjutnya: mengikuti kasus Audrey, orangtua perlu tahu penyebab anak jadi pelaku bullying. Ternyata jawabannya mengejutkan! Baca di sini artikelnya…

Loading Facebook Comment ...