Hati-hati, Tak Nyaman di Tempat Kerja Buat Perempuan Diabetes

Hati-hati, Tak Nyaman di Tempat Kerja Buat Perempuan Diabetes
iStock

Betah dengan pekerjaanmu saat ini? Jika tidak nyaman berisiko dengan kesehatanmu, ladies.

Apa kamu suka dengan pekerjaannya tapi tak nyaman di kantor? Entah karena rekan kerja atau suasana yang kurang mendukung. Tak hanya uang, kenyamanan juga diperlukan jika ingin pekerjaan berjalan lancar. 

daihatsu banner

Pekerjaan yang sulit mungkin bisa diatasi dengan belajar namun saat suasana kantor tak nyaman maka bisa berakhir buruk pada kesehatanmu. Studi terbaru menemukan kalau perempuan yang merasa pekerjaannya melelahkan secara mental berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

img

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam European Journal of Endocrinology. Studi menunjukkan kalau pekerjaan yang menguras mental seperti menjadi guru dapat meningkatkan risiko diabetes pada perempuan. Riset juga mengungkap bahwa pengusaha dan perempuan harus lebih menyadari potensi risiko kesehatan terkait dengan pekerjaan yang melelahkan secara mental.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan kompleks termasuk serangan jantung, stroke, kebutaan, dan gagal ginjal. Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Dalam studi tersebut--Dr Guy Fagherazzi dan rekan-rekannya dari Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk di Inserm--meneliti pengaruh pekerjaan yang melelahkan secara mental terhadap pasien penderita diabetes menyerang lebih dari 70 ribu perempuan, selama 22 tahun terakhir. Sekitar 75% perempuan berada dalam profesi guru dan 24% melaporkan kalau lelah secara mental dengan pekerjaan saat ini.

Penelitian menyebut kalau 21% perempuan lebih mungkin mengalami diabetes tipe 2 jika pekerjaannya secara mental melelahkan, entah karena faktor lingkungan kantor atau lainnya. Ini berbeda dari faktor risiko yang khas termasuk usia, tingkat aktivitas fisik, kebiasaan diet, status merokok, tekanan darah, riwayat keluarga diabetes, dan BMI.

Dr Fagherazzi mengatakan, "Meskipun kita tidak dapat secara langsung menentukan apa yang meningkatkan risiko diabetes pada perempuan, hasil kami menunjukkan itu bukan karena faktor risiko diabetes tipe 2 yang khas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan kelelahan mental atau ketidaknyamanan saat bekerja sebagai faktor risiko diabetes di kalangan perempuan."

"Pekerjaan yang melelahkan secara mental dan diabetes tipe 2 adalah fenomena yang semakin lazim sekarang. Yang kita tahu adalah bahwa dukungan di tempat kerja memiliki dampak lebih baik pada stres di tempat kerja. Ini lebih berlaku pada perempuan dibanding pria. Oleh karena itu, dukungan yang lebih besar bagi perempuan dalam lingkungan kerja yang penuh tekanan dapat membantu mencegah kondisi kronis seperti diabetes tipe 2," lanjutnya.

Untuk itu, sesama perempuan kalian harus saling mendukung satu sama lain di tempat kerja bukan bersaing kotor. Ini guna membantu sesama perempuan tetap sehat dan jauh dari penyakit mematikan.

Selanjutnya: nah, untuk itu kamu perlu menjauhi teman kantor yang menyebalkan agar tidak berisiko terhadap kesehatanmu. Baca di sini artikelnya...

Shop From Our Partner Cathaofficial.com