Hentikan Mengoleskan Ini ke Kulit Wajah

Hentikan Mengoleskan Ini ke Kulit Wajah
ISTOCK

Sayangi wajahmu.

Karena ingin kreatif dan menjadi seorang penemu rahasia kulit cantik, terkadang kita memberanikan diri untuk bereksperimen di dapur. Mencampurkan adonan A dengan cairan B, dan berharap sebuah kejeniusan lahir dari ketidaksengajaan; ibarat Newton dan teori gravitasi. Namun, sebelum melakukan sesuatu yang akhirnya membuat kulit wajahmu rusak (dan sulit dikembalikan ke kondisi awal), lebih baik berhati-hati, karena tidak semua bahan dapur itu baik untuk wajah. Berikut diantaranya:

1. MAYONNAISE 

Jika kamu menggunakan mayonnaise sebagai bahan dasar masker rambut, tepat sekali! Rambut akan terlihat berkilau dan lembut setelah 20 menit digunakan. Namun, jangan pernah mencoba memanfaatkan mayonnaise sebagai masker wajah karena akan membuat wajahmu terlihat kotor dan berminyak.

2. CUKA

Lebih baik kamu menggunakan toner yang memang disarankan untuk wajah. Cuka bisa membuat wajahmu terbakar, karena kandungan airnya bisa cepat hilang.

3. PASTA GIGI

Kamu pasti pernah mendengar kalau pasta gigi bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya secara cepat. Lupakan nasehat dari negeri antah-berantah tersebut. Diulang: lupakan. Selain tidak bekerja dengan baik, bahan yang digunakan untuk pasta gigi seperti peppermint, peroksida, dan alkohol bisa merobek kulit. 

4. BAKING SODA

“Ini wajah, bukan adonan kue” sepertinya kalimat itu yang harus mulai ditanamkan saat diberikan saran untuk menggunakan baking soda untuk masker wajah. Kadar alkalin di dalamnya bisa membuat kulit wajah kering, dan kelamaan akan rusak karena kelembaban kulit tidak  kulit wajah menjadi kering dan lama-lama kelembaban kulit akan terganggu.

5. GULA DAN GARAM