Ingin Mulai Lakukan Senam Lantai? Ini 5 Gerakan Pemula yang Dapat Dilakukan di Rumah!

Ingin Mulai Lakukan Senam Lantai? Ini 5 Gerakan Untuk Pemula
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula

Melenturkan badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan senam lantai. Nih, gerakan yang mudah untuk pemula!

Kebugaran tubuh merupakan salah satu hal yang terbilang penting bagi kesehatan tubuh. Berbagai olahraga pun dapat dilakukan guna memberikan kebugaran pada tubuh, dan salah satu caranya adalah dengan melakukan senam lantai.

Senam lantai merupakan salah satu jenis senam yang masuk ke dalam kategori senam yang kerap dijadikan sebuah perlombaan. Sesuai namanya, gerakan-gerakan dari senam lantai ini dilakukan di lantai, lebih tepatnya di atas alas matras. Ada banyak gerakan dari senam lantai ini sendiri. Namun, jika kamu meruapakan seorang pemula dalam melakukan senam lantai ini, sebaiknya kamu melakukan mulai dari hal-hal yang mendasar dan umum diketahui oleh sebagian besar pecinta olahraga

Terkait hal tersebut, Woop akan merekomendasikan gerakan-gerakan dari senam lantai yang cocok untuk kamu lakukan sebagai seorang pemula di rumah. Apa saja gerakan-gerakannya? Yuk, simak gerakannya beserta caranya!

Gerakan Senam Lantai untuk Pemula

1. Sikap Lilin

Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Sikap Lilin
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Sikap Lilin

Gerakan senam lantai ini merupakan gerakan paling dasar di antara gerakan senam lantai lainnya. Ya, yang kamu dapat lakukan adalah dengan berbaring di atas lantai sambil meletakkan kedua tangan di belakang pinggang. Kemudian, kamu dapat mulai mengangkat kedua kaki kamu ke atas langit-langit dengan bantuan kedua tangan di belakang pinggul. 

2. Forward Roll

Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Forward Roll
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Forward Roll

Forward Roll atau kerap dikenal dengan istilah roll depan merupakan salah satu gerakan dari senam lantai yang terbilang mudah. Cara untuk melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri tegak, kemudian mengangkat kedua tangan ke langit-langit. Setelah itu, kamu dapat membungkukkan badan ke depan dan meletakkan kedua tangan di matras, juga meletakkan kepala di atas matras sambil mendorong badan untuk berguling ke depan dengan kedua kaki kamu.

3. Backward Roll

Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Backward Roll
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Backward Roll

Gerakan senam lantai satu ini merupakan kebalikan dari gerakan sebelumnya. Bila pada Forward Roll kamu menggulingkan badan ke depan, pada Backward Roll atau roll belakang ini kamu akan menggulingkan badan kamu ke belakang. Untuk melakukan gerakan ini, kamu dapat memulainya dengan berdiri tegak, kemudian sedikit jongkok dengan meletakkan bokong di atas matras, dan menggulingkan badan ke belakang dengan bantuan kaki yang bertumpu juga tangan yang menahan kepala kamu saat berguling ke belakang.

Baca juga : Lupakan Gym: Ada Cara Lain Agar Tetap Bugar dan Sehat

4. Bridge

Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Bridge
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Bridge

Bridge atau dikenal dengan sebutan kayang merupakan gerakan yang terlihat cukup mudah, bila hanya dengan dilihat. Namun nyatanya, sebagian besar orang kesulitan hingga gagal dalam melakukan gerakan kayakng ini. Kamu bisa melakukan gerakan kayang ini dengan berdiri tegak membelakangi matras dengan kedua kaki terbuka lebar. Lalu, ayunkan tangan ke belakang dan sedikit turun hingga tangan menyentuh alas matras, kemudian kamu dapat langsung mengangkat badan kamu. Tak hanya dengan cara ini, kamu juga bisa melakukan kayang dari bawah. Artinya, kamu bisa langsung berbaring di atas matras sambil membuka kedua kaki dan tangan bersampingan dengan kepala, kemudian mengangkat badan mu dengan kedua kaki dan tangan.

5. Head Stand

Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Head Stand
Gerakan Senam Lantai Untuk Pemula - Head Stand

Hampir sedikit sama dengan roll depan. Namun sesuai dengan nama dari gerakan ini, kamu harus melakukannya dengan bertumpu pada kepala. Kamu dapat mulainya dengan membungkukan badan ke depan sambil meletakkan kepada dan tangan di atas matras sebelum mendorong badan untuk berdiri tegak ke atas langit-langit menggunakan kedua kaki. Jika kamu masih pemula, kamu dapat melakukannya dengan bantuan sebuah dinding untuk bersandar dan menegakkan seluruh badan kamu.

Itu lah kelima gerakan senam lantai yang bisa kamu lakukan dalam memulai untuk mendalami gerakan senam lantai lainnya. Gerakan-gerakan senam lantai tersebut berguna untuk meningkatkan keseimbangan sekaligus melenturkan tubuh. Selamat mencoba, Woop Ladies!

Selanjutnya : 

Lupakan Sit-Ups, Gerakan Ini Jauh Lebih Efektif untuk Mengencangkan Perut

Kecilkan Perut dengan 5 Gerakan Olahraga Simpel Ini!

6 Cara Memperbesar Payudara Dengan Cara Olahraga

Loading Facebook Comment ...