Nggak Perlu Minum Obat, Ini 5 Cara Atasi Diare dengan Alami dari Rumah!

Ini 5 Cara Atasi Diare dengan Alami dari Rumah
Obat Diare Alami

Obat diare kemasan tak menutup kemungkinan akan memberikan efek samping bagi tubuh. Berikut cara alami obati diare tanpa efek samping!

Diare merupakan masalah pada tubuh di mana sistem pencernaan sedang terganggu. Biasanya, diare menyebabkan kamu bolak-balik ke kamar kecil untuk membuang kotoran manusia.

Manusia pada umumnya buang air besar tiap harinya atau pada umumnya adalah dua hari sekali. Namun, jika kamu sedang memiliki diare, kamu mungkin akan menghabiskan tiga hingga bahkan lima kali dalam sehari.

Nggak cuman keseringan buang air besar dalam seharinya, diare pun ditandai dengan tekstur kotoran yang cenderung lebih cair dibandingkan pada hari-hari normal serta rasa nyeri pada perut yang jauh lebih sakit dibanding biasanya.

Untuk mengobati diare, biasanya sebagian besar orang mengonsumsi obat khusus penghilang diare dalam bentuk kapsul maupun tablet. Meski dapat menghilangkan diare, namun tak semua kandungan dalam obat tersebut tidak memiliki efek samping bagi setiap orang.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 cara untuk mengatasi diare dengan obat alami dari rumah.

Obat Diare Alami

1. Makan Yogurt

Makan yogurt
Makan yogurt

Yogurt diketahui memiliki kandungan yang baik untuk membunuh bakteri pada tubuh, dan hal tersebut menjadikan yogurt sebagai obat diare alami yang bisa kamu lakukan dari rumah.

Probiotik yang terkandyng di dalamnya dapat menghancurkan bakteri yang buruk yang menyebabkan diare.

Kamu bisa mengonsumsi dua mangkuk yogurt perharinya untuk menyembuhkan diare.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Jika Kamu Sakit Perut Saat Bercinta

2. Minum Air Jahe

Air Jahe
Air Jahe

Saat diare melanda, kamu diwajibkan untuk meminum air yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, jika tubuh kurang cairan, maka akan menjadi salah satu faktor pemancing dari diare.

Selain minum air mineral, kamu juga bisa meminum air rebusan jahe sebagai obat diare alami lainnya. Jahe diketahui efektif dalam mengatasi keracunan makanan dan juga meredakan rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Kamu bisa mengonsumsi segelas air jahe dengan campuran madu untuk memberikan sedikit rasa manis.

3. Jalankan Diet BRAT

Makan pisang
Makan pisang

Saat sedang mengalami diare, kamu perlu memperhatikan makanan yang akan kamu makan. Dalam kasus ini, kamu bisa menjalani sebuah diet hingga diare pergi dari tubuh.

Diet BRAT atau kepanjangan dari Bananas, Rice, Applesauce, dan Toast adalah sejumlah makanan yang pelru kamu konsumsi saat tengah buang-buang air besar.

Pisang diketahui baik untuk kelancaran pencernaan tubuh. Begitu pun dengan nasi putih, saus apel, dan roti panggang.

Selain mengonsumi keempat makanan di atas, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang cocok dengan diet BRAT ini, seperti:

  • Oatmeal,
  • Kentang panggang tanpa kulit,
  • Sup ayam.

Baca juga: Penyebab Sering Sakit Perut atau Kembung Usai Minum Susu

4. Hindari Makanan Mengandung Gas

Hindari kopi
Hindari kopi

Makanan yang mengandung gas tentu akan membuat perut kamu kembung dan tak nyaman. Untuk itu, kamu perlu menghindari makanan yang mengandung fiber termasuk buah-buahan dan sayur-sauran yang mengandung gas berlebih, seperti:

  • Alkohol,
  • brokoli,
  • kol,
  • kembang kol,
  • kopi,
  • teh,
  • lada,
  • pemanis buatan.

5. Kompres Perut dengan Air Hangat

Kompres dengan air hangat
Kompres dengan air hangat

Mengompres perut dengan air hangat bukan lah obat diare alami, namun menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh diare.

Kamu bisa mengompres perut bagian bawah dengan air yang sangat hangat. Lakukan cara ini berkala hingga rasa sakit mereda.

Nah, itu lah kelima cara menghilangkan diare dengan alami dari rumah. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: