Ini Bahan Terpenting yang Harus Ada di Dalam Produk Anti Aging-Mu

Ini Bahan Terpenting yang Harus Ada di Dalam Produk Anti Aging-Mu
iSTOCK
Ini Bahan Terpenting yang Harus Ada di Dalam Produk Anti Aging-Mu

Pakai sejak umur 20-an. 

Satu kali mengelilingi rak-rak di toko kosmetik bisa membuatmu capek setengah mati—merasa tambah tua beberapa jam, padahal (untungnya?) yang kamu cari adalah produk anti-aging. Seandainya ada orang yang memberitahukan apa yang harus diperhatikan ketika mencari sesuatu yang membuatmu memiliki kulit lembut dan sehat lebih lama, sepertinya akan sangat membantu. 

"Setiap orang yang tidak sedang hamil seharusnya menggunakan pelindung matahari saat siang dan mengaplikasikan retinol atau retinoids pada malam hari," kata Sandy Johnson, seorang dermatolog, kepada Man Repeller. "Retinol/ Retin-A dan bentuk retinoid lainnya adalah krim terbaik untuk mencegah kanker kulit dan perubahan-perubahan penuaan yang terjadi di kulit." Singkatnya, retinoids adalah semua derivatif vitamin A yang membantu pergantian kulit dengan mengeksfoliasi kulti dan membangun kolagen. Eksfoliasi inilah yang akan membantu menghilangkan pori-pori, mengurangi penampakan garis-garis halus, bahkan mencegah kerutan. Sebagai referensi, sebuah studi menemukan bahwa retinoids bisa jadi mencegah kanker kulit. 

Ragu? Tidak yakin? Skeptis? Dari sisi sejarah, retinoids sudah ada sejak pertengahan 1960n, ketika seorang dermatolog bernama Albert M. Kligman mengetahui efek samping anti-aging. Ini artinya, "Sudah hampir 30 tahun kita mempelajari dan meneliti Retin-A, dan selain dari efek samping normal, tidak ada efek negatif jangka panjang," kata Joel Schlessinger, dermatolog dan ahli operasi plastik di publikasi yang sama. 

Maksudnya: saat kita mencoba retinoids untuk pertama kali, biasanya akan terjadi periode penyesuaian. Tanda-tanda normal untuk pemula saat menggunakan retinoids (terutama dari resep dokter) bisa berupa pengelupasan, kekeringan, dan iritasi. 

Untuk meminimalkan kemungkinan tersebut, ikut petunjuk ini:

  • Pakai pembersih wajah yang lembut dan hindari produk mengandung alkohol.
  • Aplikasikan tipis dan sedikit, atau sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter atau baca baik-baik petunjuk penggunaan.
  • Jika terjadi iritasi atau kulit memerah, hentikan penggunaan. 
  • Jika kamu sedang menggunakan produk-produk yang mengandung asam (salicylic, glycolic, hyaluronic)—hentikan sementara waktu dan pakai kembali setelah retinoid menyesuaikan diri dengan baik. 
  • Dan satu hal yang tidak kalah penting: karena retinoids membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, selalu gunakan tabir surya bahkan jika hanya berdiri beberapa menit di luar ruangan. 
  • Lakukan penyelidikan terlebih dahulu sebelum membeli retinols, karena tidak semua produk berkualitas bagus. 

Oh, kapan bisa mulai digunakan? "Ini adalah rutinitas anti penuaan yang bisa dimulai sejak awal 20-an," kata Michele Green, seorang dermatolog. 

Shop here: 

img

Neutrogena Ageless Intensives Deep Wrinkle Moisture, Night

img

RoC Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream

img

Philosophy Help Me Retinol Night Treatment

img

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

img

Pestle & Mortar Superstar Retinol Night Oil