Ini Cara Mempertahankan Dandananmu Saat Keringat Bercucuran

Ini Cara Mempertahankan Dandananmu Saat Keringat Bercucuran
ISTOCK

Panaaas. 

Situasi yang selalu terjadi hampir setiap pagi: satu menit setelah selesai menghabiskan 30 menit untuk berdandan, tanda-tanda keringat akan bercucuran sudah mulai terlihat di kening, hidung, dan atas bibir. Jika masih di rumah, mungkin akan lebih mudah memperbaikinya. Namun apabila kamu berada di peron stasiun kereta api, pilihannya terbatas: a) menghapusnya dengan lengan baju seakan-akan kamu sedang marah; b) menyeka hanya bagian mata dan bibir dengan resiko menghancurkan maskara dan lipstik, dan mungkin memindahkan noda brown foundation ke seragam kantor. Sebelum berakhir dengan skenario tersebut, sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah makeup-mu larut dan meleleh setiap kali puluhan tetesan keringat muncul. Berikut lima tips ketika peluh adalah teman baik wajahmu. 

1. Primer bisa membantu makeup-mu tidak terkikis oleh keringat.

Tips ini berguna terlebih jika kamu memiliki kulit berminyak—(mengkilap + keringat, sebuah kombinasi yang mematikan). Oleh karena itu, gunakan matte primer atau smoothing primer

2. Bedak dan spray bahkan lebih membuat makeup-mu tahan lama. 

Gunakan bedak agar makeup tidak hancur saat keringat mulai berjatuhan. Sebagai tambahan, semprotkan setting spray yang tidak mengandung alkohol karena elemen ini berpotensi membuat makeup kering dan pecah-pecah. 

3. Pilih tekstur alas bedak dengan ekstra hati-hati. 

Meskipun sebenarnya semua alas bedak akan tahan lama jika diaplikasikan dengan benar, tapi pilihan yang lebih baik saat suhu udara 35°C adalah bedak. Lebih baik lagi, coba makeup minimal dengan hanya memakai tinted moisturizer dengan SPF 30 atau lebih. Formula ringan ini akan lebih aman dibandingkan full-coverage foundation ketika cuaca sangat panas.

4. Selalu siapkan tisu untuk menyeka tetesan keringat, sebelum bedak. 

Selalu hapus kelebihan minyak dengan blotting paper (jika tidak tersedia, gunakan tisu) terlebih dahulu, lalu aplikasikan kembali bedak. Jangan lakukan terbalik langkah ini karena bedak akan melapisi air dan membuat makeup terlihat terlalu tebal.

5. Selalu bawa perlengkapan dasar.