Ini yang Bisa Terjadi pada Vagina Saat Kamu Sakit

Ini yang Bisa Terjadi pada Vagina Saat Kamu Sakit
iStock

Saat sedang sakit karena flu atau lainnya, apa kamu pernah memikirkan tentang vagina? Kalau tidak, kamu perlu mulai memikirkan hal ini.

Jarang sekali perempuan memikirkan kesehatan vagina mereka ketika sedang sakit. Berusaha untuk ke dokter, mencari tahu penyakitnya lalu memilih banyak beristirahat agar cepat sembuh. Ya itu prioritas, tapi sebenarnya bisa memengaruhi kondisi vaginamu.

Menurut ahli, bagaimana vagina terpengaruh saat kamu sakit tergantung beberapa hal penting; tubuh, penyembuhan, dan obat. Berikut hal paling umum yang bisa terjadi pada vagina ketika tubuh terserang penyakit.

DEHIDRASI

Setiap penyakit yang membuatmu dehidrasi maka vagina juga akan mengalaminya. Jika biasanya lebih lembap maka vaginamu akan kering. Ini bisa menyebabkan lecet saat didiamkan seharian, entah karena faktor eksternal seperti celana dalam atau berhubungan seks.

Hal tersebut dikatakan oleh Peter Rizk, M.D. dan ob-gyn spesialis fertilitas dari Farhaven Health. Ketika kamu sakit lalu berhubungan seks dan vagina terasa nyeri, mungkin itu karena dehidrasi. Jika ini terjadi maka keputihan dalam jumlah sedikit akan muncul pada pakaian dalammu sepanjang hari.

Maka dari itu, saat sakit disarankan untuk tetap terhidrasi dan minum ekstra air putih karena akan berpengaruh terhadap vaginamu.

img

INFEKSI JAMUR