Inilah Sebabnya Banyak yang Terobsesi Minum Apple Cider Vinegar

Inilah Sebabnya Banyak yang Terobsesi Minum Apple Cider Vinegar
ISTOCK

Salah satunya: bisa menghilangkan mulut bau daging basi. 

Apple cider vinegar (ACV) atau cuka sari apel sedang naik daun. Yep, cairan yang sama yang kita pakai di dalam salad dressing dan pembersih rambut ini sedang merasakan tingkat kepopuleran yang super serius. Terlebih bagi yang mendewi-dewikan Gwyneth Parltow, Miranda Kerr, Megan Fox, Scarlett Johansson (selebriti penggemar berat apple cider vinegar) kemungkinan besar akan mengadopsi “rahasia kecantikan” tersebut. Coba melirik Instagram, terdapat 144.517 posting; dan bisa dipastikan akan terus bertambah. Sebenarnya apa sih, khasiat cairan berwarna seperti (ehem, maaf) urin-saat-kita-kurang-minum-air ini? Internet dan penelitian menjawab sebagai berikut: 

1. Mengurangi Inflamasi

Cuka apel yang mengalami proses fermentasi dipenuhi dengan bakteri dan enzim baik bagi tubuh. Dengan mengosumsinya (direkomendasikan mencampur dua sendok makan dengan delapan ons air hangat dan sedikit madu mentah atau lemon), membantu menormalkan level pH badan. Jadi, solusi tepat bagi yang memiliki masalah inflamasi (jerawat, nyilu-nyilu, capek, pencernaan terganggu) karena kurang tidur, stress, dan terlalu banyak makan es krim.

2. Merendahkan Level Gula

Terbukti memperbaiki sensivitas insulin, ACV dapat memperlambat bahkan mencegah perkembangan tipe 2 diabetes. Dengan memperlambat respon gula darah terhadap karbohidrat dan jenis gula lain yang dikonsumsi saat makan, ACV (yang memiliki efek anti-glycemic) dapat membantu mencegah atau paling tidak mengontrol hasrat gila ingin menyerbu dan makan apapun di kulkas pada tengah hari. 

3. Meredakan Sakit Perut

Tidak ada yang berharap sakit perut hari ini (kecuali seseorang sedang mencari alasan jitu untuk menghindari sesuatu/ seseorang lain), karena rasanya memang tidak menyenangkan. Untungnya, bakteri positif di ACV dapat membantu memecah makanan lebih cepat, sehingga menolong pencernaan dan mengurangi kemungkinan penyebab sakit perut. 

4. Menghilangkan Nafas Bau

Bakteri baik yang memerangi racun (seperti yang disebutkan di atas) tadi juga merupakan kekuatan super untuk menghilangkan nafas bau toilet. Bakteri-bakteri baik tersebut akan menghancurkan bakteri kurang baik yang menyebabkan mulut beraroma rendang basi. Kumur-kumur menggunakan cuka atau minum (seperti rekomendasi no. 1) merupakan cara jitu untuk menyebarkan hawa mulut. Oh satu lagi, ACV juga berkhasiat memutihkan gigi

5. Meningkatkan Energi secara Alami