Jangan Dibuang! Ini Segudang Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh
Kulit pisang

Jangan langsung dibuang, kulit pisang ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Biar makin jelas, ini dia penjelasannya!

Pisang telah lama dipuji berkat kandungan potassium-nya yang kaya untuk tubuh. Tapi lebih dari itu, kabarnya kulit pisang juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Yuk simak penjelasannya!

Seorang ahli diet terkemuka mengklaim bahwa kita juga harus mengonsumsi kulit buah untuk benar-benar mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Melansir dari NYPost, Susie Burrell mengatakan bahwa memakan kulit pisang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kulit, hingga membantu penurunan berat badan.

Memakan kulit pisang
Memakan kulit pisang

"Secara spesifik, kamu akan meningkatkan kandungan serat tubuh sebanyak 10%, sebab kandungan serat banyak ditemukan di kulit pisang. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hampir 20% lebih banyak vitamin B6 dan vitamin C, serta meningkatkan asupan kalium dan magnesium," ucap Burrell menjelaskan.

Baca juga: Mencegah Kanker, Ini 8 Manfaat Jamu Beras Kencur!

Tapi tenang saja, kamu tak perlu memakannya secara langsung mentah-mentah. Burrell menyarankan untuk menjadikannya smoothie, campuran kue, atau kari untuk meningkatkan asupan gizi.

Burrell juga mengungkapkan bahwa memilih kulit pisang yang tepat, penting untuk memberikan nutrisi spesifik bagi tubuh.

"Pisang dengan warna kulit kuning cerah memiliki proporsi anti-oksidan yang lebih tinggi. Sementara kulit berwarna hijau kaya akan asam amino triptofan, yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur," ungkapnya.

Mengolah kulit pisang
Mengolah kulit pisang

Selain manfaatnya langsung untuk tubuh, Burrell menyebutkan bahwa kulit pisang juga punya kegunaan praktis lain dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, memasak daging di atasnya bisa membantu meningkatkan kadar air pada masakan, dan juga berfungsi sebagai campuran cuka.