Jangan Salah Beli! Ini Tips Mudah Memilih Pil KB yang Tepat

Jangan Salah Beli! Ini Tips Mudah Memilih Pil KB yang Tepat
Pil KB

Jangan sampai salah memilih pil KB, sebelum membelinya perhatikan lebih dulu hal-hal berikut ini. Yuk simak ulasannya!

Sedang berusaha mencegah kehamilan, menghilangkan jerawat, atau meredakan kram menstruasi? Semua itu bisa didapatkan dengan dosis pil KB yang tepat. Jika kamu benar-benar membutuhkannya, inilah cara mendapatkan pil KB yang sesuai.

Kamu akan memerlukan resep untuk mendapatkan alat kontrasepsi hormonal, termasuk pil, IUD, dan metode lainnya. Kebanyakan orang mendapatkan resep dengan mengunjungi dokter atau pergi ke instansi kesehatan setempat, tetapi kini pilihan baru muncul untuk mendapatkan alat kontrasepsi langsung dari apoteker atau bahkan toko online.

"Tergantung di mana kamu tinggal, seseorang mungkin dapat mengakses alat kontrasepsi melalui resep online," kata Kate Grindlay Kelly, direktur proyek Free the Pill, yang bertujuan membuat alat kontrasepsi di AS.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyimpan ASI di Kulkas agar Nutrisinya Tetap Terjaga?

Pil KB untuk perempuan
Pil KB untuk perempuan

Ketika memutuskan melakukan metode pengendalian kelahiran, kamu harus mempertimbangkan apakah dokter menganggapnya tepat, betapa mudah untuk mendapatkannya, dan berapa biayanya yang harus dikeluarkan.

"Penyedia layanan kesehatan mempertimbangkan sejumlah faktor ketika memutuskan jenis kontrasepsi apa yang akan diresepkan, termasuk riwayat kesehatan pasien, tekanan darah, dan riwayat keluarga," kata Kelly.

Jika kenyamanan adalah faktor penting, kamu biasanya dapat mengambil alat kontrasepsi di apotek setempat. Tetapi kamu tetap perlu memerhatikan hukum dan aturan yang berlaku sebelum membelinya.

Jika biaya adalah hal kamu pikirkan, beberapa metode seperti IUD memiliki harga awal yang tinggi tetapi menghemat uang seiring waktu. Sementara itu, kamu dapat membeli pil KB dengan pembayaran yang relatif murah tanpa asuransi kesehatan. Jika tidak, beberapa jenis alat kontrasepsi gratis juga tersedia dengan asuransi kesehatan.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan tujuan pembelian pil KB. Carilah pil dengan kandungan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan. Berkonsultasi dengan dokter atau apoteker adalah langkah awal yang bisa dilakukan, untuk menghindari kesalahan di kemudian hari.

Selanjutnya: Tidur terlalu lama ternyata punya dampak yang buruk untuk tubuh, bahkan kabarnya bisa meningkatkan risiko terkena stroke. Simak ulasannya!