Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Fast Food dan Junk Food

Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Fast Food dan Junk Food
Istimewa

Pasti banyak dari kalian yang belum mengetahui perbedaan antara fast food dan junk food, simak ulasannya yuk.

Selama ini pasti banyak orang bertanya-tanya mengenai fast food dan junk food. Sebagian orang menganggap keduanya adalah jenis makanan yang sama, padahal sebenarnya jauh berbeda lho. Bagi kalian yang ingin tahu, Woop sudah merangkum perbedannya. Apa saja?

Definisi fast food dan junk food

5 Makanan Favorit yang Bisa Ganggu Waktu Tidurmu - 2
burger salah satu makanan junk food

Junk food merupakan makanan yang rendah gizi, bahkan hampir tidak memiliki nutrisi, meliputi vitamin, protein dan mineral. Sedangkan fast food cenderung pada cara penyajiannya, makanan cepat saji yang sebelumnya sudah dilakukan proses pengolahan tahap awal sehingga ketika ada pesanan hanya melanjutkan proses pengolahan lanjutan yang waktunya relatif lebih cepat.

Kandungan Gizi

Junk food sudah dapat dipastikan bukan makanan sehat karena rendah gizi. Selain itu junk food biasanya memiliki kandungan lemak yang tinggi, koelsterol, garam, hingga bahan pengawet. Sedangkan fast food tidak buruk bagi kesehatan, walaupun ada beberapa sejumlah makanan fast food yang juga masuk kategori junk food. Contohnya, buah potong adalah fast food atau makanan cepat saji yang bukan junk food.

Cara mengelolahnya

ISTOCK
salah satu contoh makanan fast food

Fast food alisan makanan cepat saji sudah mengalami proses masak tahap pertama agar mudah dan lebih cepat ketika disajikan. Misalnya ayam tepung atau kentang beku yang bisa langsung kamu goreng. Makanan tradisional seperti nasi pecel juga bisa disebut sebagai makanan cepat saji, karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk penyajiaannya.

Baca: Kenapa Logo Resto Junk Food Identik dengan Kuning dan Merah?

Pengawet

Baik junk food maupun fast food keduanya menggunakan bahan pengawet, yang membedakan adalah jenis pengawetnya. Durasi pengawet fast food akan menyusut setelah makanan dimasak karena telah bercampur dengan bumbu yang lainnya. Sedangkan pengawet junk food memiliki durasi yang lebih lama karena diaplikasikan saat proses pengolahan makanan sudah selesai.

Mana yang lebih berbahaya, fast food atau junk food?

Shutterstock
pizza salah satu makanan junk food

Junk food dianggap lebih berbahaya, bahkan sangat berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka panjang karena memiliki kadar lemak dan garam yang sangat tinggi dan sudah digoreng atau dipanaskan berkali-kali. Contohnya seperti mie instan, hamburger, pizza dan kentang goreng. Berbeda dengan fast food, tidak semua makanannya tergolong tidak sehat. Contoh fast food yang baik dikonsumsi misalnya buah potong segar dan salad.

Well, itu dia perbedaan antara junk food dan fast food. Semoga setelah ini kalian tidak salah lagi ya.

Selanjutnya: Berniat ingin menikah, sudah tahu perbedaan antara tunangan dan lamaran? Cari tahu jawabannya di sini.

Loading Facebook Comment ...