Jerawat: Beda Posisi, Beda Masalah

Jerawat: Beda Posisi, Beda Masalah
WOOP.ID

Posisi jerawat yang berbeda, indikasi ada masalah di tubuh. 

Semua orang tahu bahwa jerawat (salah satu musuh besar manusia) tidak hanya muncul di pipi saja. Lubang hidung, dagu, ujung bibir, tulang alis, semua area di wajah sukses diinvasi oleh bentolan ini tanpa belas kasihan. Namun, tahukah kamu bahwa beda posisi jerawat di wajah mengindikasikan signal kesehatan berbeda pada tubuh? Jerawat di kening memiliki arti yang berbeda dengan di hidung.  

Menurut Juliana Yu, MD. H, NH., seorang kosmetikologis, dermatologis,dannutritionis, “jerawat timbul memang sangat mengganggu. Banyak hal yang perlu diperhatikan tentang penyebab timbulnya jerawat. Misalnya saja kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.”

Juliana pun kembali mengatakan: "Jerawat juga ada kaitannya dengan masalah kesehatan pencernaan. Kemudian hormonal imbalance atau ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada tubuh. Yang terakhir, gaya hidup yang semakin lama semakin tidak sehat.”

Dari banyaknya penyebab jerawat yang timbul di daerah yang tidak diduga, kita juga bisa mengetahui kesehatan yang terjadi pada organ dalam tubuh kita.

“Sebenarnya kita bisa mengetahui dan menyadari kesehatan kita sendiri, lho. Karena posisi jerawat bisa memberitahukan keadaan kesehatan organ tubuh kita. Penanganan untuk masalah jerawat tetap harus menjaga kebersihan wajah setiap hari dengan melakukan treatment tentunya. Selain itu, kita harus membenahi dan mengatur gaya hidup menjadi lebih seimbang, agar tubuh bisa selalu sehat dan jauh dari penyakit,” ujarnya. Berikut ciri-ciri jerawat yang hadir dan bisa jadi pertanda tentang kesehatanmu: 

JERAWAT DI KENING

Harus lebih waspada dengan jerawat yang tumbuh di area kening, karena tanpa disadari kamu sedang mengalami masalah pada organ hati. Penyebabnya adalah sirkulasi darah yang tidak stabil dan tubuh yang mengalami kelelahan.

JERAWAT DI SISI HIDUNG

Memang sepertinya tidak ada hubungannya antara hidung dengan tulang belakang. Posisi keduanya pun saling berjauhan. Namun ternyata, jerawat di hidung ini memberikan tanda bahwa kamu mengalami masalah pada bagian tulang belakangmu.

JERAWAT DI UJUNG HIDUNG

Cuma berjarak seuprit dari sisi hidung, tapi permasalahannya berbeda jika jerawat muncul di ujung hidung. Ini artinya ada sesuatu yang harus dibenahi pada sistem pencernaanmu. 

JERAWAT DI DAGU 

Ini yang paling sering kita temui: jerawat muncul seenaknya pada bagian dagu. Ternyata jerawat yang muncul di dagu tidak hanya disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan, tapi juga adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada wanita, khususnya pada saat mengalami datang bulan yang tidak teratur. Selain itu, ada kemungkinan juga bermasalah pada ginjal. 

JERAWAT DI PIPI

Jerawat yang muncul pada bagian ini pun memberikan sinyal yang berbeda pada organ kesehatan kita. Jika memiliki jerawat di pipi sebelah kiri, berarti kamu sedang mengalami permasalahan pada liver dan detoksitifikasi. Sedangkan, pada bagian kanan kamu memiliki masalah pada paru-paru.