Ini Kenapa Jerawat di Punggung Bisa Berbahaya

Ini Kenapa Jerawat di Punggung Bisa Berbahaya
ISTOCK

Jerawat juga bisa tumbuh di area punggung. Kenali penyebab dan cara menghilangkannya dari sang ahli. 

Jerawat adalah musuh besar semua orang, bisa muncul di mana saja dan kapan saja, termasuk di punggung. Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar yang memproduksi minyak. Tumpukan minyak yang bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Namun apakah jerawat di punggung ini berbahaya?

img

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Woop bertanya kepada seorang dermatolog, dr. Andravita Fenti Mitaart, Sp.KK., dari RS Restu Ibu, Balikpapan.

“Jerawat yang tumbuh disekitar punggung, lengan atas, atau dada itu tidak berbahaya,” katanya, tegas.

Ah, syukurlah.

Lantas, apa saja penyebabnya?

“Sama seperti jerawat lainnya saja. Namun khusus dibagian punggung atau dada dan lengan atas itu biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur. Itu karena tubuh yang lembap akibat keringat. Satu lagi, pemilihan produk yang salah juga bisa menjadi penyebabnya,” jawabnya.

img

Terkadang, jerawat di punggung bisa tumbuh lebih besar dibandingkan jerawat di wajah. Jika hal itu terjadi, bagaimana cara menghilangkannya?

“Untuk penanganan awal, kamu bisa menggunakan shampoo fungasol yang dioleskan di bagian punggung (di mana jerawat itu tumbuh) sebelum mandi. Diamkan selama lima menit, baru dibilas dan mandi menggunakan sabun seperti biasanya. Kemudian gunakan benzolac sekali sehari dengan cara ditutul pada jerawat yang tumbuh. Namun jika jerawat masih saja tumbuh dan tidak berubah, segeralah untuk datang ke dokter kulit, sehingga bisa diterapi secara cepat,” saran Andra.