Jujur Saja: Apakah Alas Bedakmu Terlihat Seperti Lumpur di Sore Hari?

Jujur Saja: Apakah Alas Bedakmu Terlihat Seperti Lumpur di Sore Hari?
ISTOCK

Berantakan? Lebih tepatnya: sebuah bencana.

Kenapa Pennywise makeup-nya mengerikan? Mungkin salah satu penyebabnya adalah dia salah memilih alas bedak! Dia kurang teliti soal warna, konsistensi, merek, dan mungkin memakai alas bedak yang sudah kadaluarsa. Plus, saat mengaplikasikannya di wajah melakukan beberapa kesalahan fatal, seperti kekeliruan di bawah ini. 

1. TIDAK MEMAKAI PRIMER 

Kulit wajah harus selalu lembab sebelum memakai alas bedak, karena hal itu akan memudahkan mendapatkan makeup yang sempurna. Kamu bisa memilih pelembab sesuai dengan kulit wajah, atau menggantinya dengan BB Cream. Pilihlah primer berbasis silikon, karena akan membantu makeup menempel dengan baik pada kulit dan bisa bertahan lebih lama.

2. MENGGUNAKAN FORMULA YANG SALAH

Kulit wajah setiap orang berbeda-beda, sehingga pemilihan produk kecantikan pun tidak sama untuk setiap pribadi. Jika memiliki kulit yang berminyak, biasanya lebih baik mencari formula yang bertekstur matte/kering. Sedangkan, jika kulit cenderung kering, carilah formula yang agak sedikit basah. Intinya, kamu harus tahu jenis kulitmu, sehingga bisa dengan cepat memilih produk yang tepat. 

3. MENGGUNAKAN PERALATAN YANG SALAH

Seringkali seseorang mempunyai prinsip ini: satu kuas untuk semua. Ternyata hal ini sebaiknya jangan dilakukan. Setiap peralatan memiliki fungsi yang berbeda-beda; gunakanlah sesuai dengan fungsinya. Misalnya, saat menggunakan sponge, oleskan alas bedak ke kulit—jangan digosok; dan jika kamu menggunakan sikat, aplikasikan alas bedak dengan gerakan kecil dan melingkar.

4. TIDAK MEMBASAHI SPONGE SEBELUM MENGAPLIKASIKAN ALAS BEDAK

Hal-hal kecil seperti ini bisa merusak makeup dengan mudah. Sebelum mengaplikasikan alas bedak, ada baik jika kamu benar-benar membasahi sponge terlebih dahulu. Sponge kering akan menyedot kelembaban alas bedak dan akibatnya kita butuh lebih banyak produk.

5. MENGGUNAKAN CONCEALER TERLEBIH DAHULU