Kalau Wajah Bisa Bicara, Dia Pasti Melarangmu Melakukan Ini

Kalau Wajah Bisa Bicara, Dia Pasti Melarangmu Melakukan Ini
ISTOCK

Karena bisa merusak wajah. 

Kita semua pernah bersalah lupa untuk mencuci wajah sebelum tidur, tapi hal ini mungkin tidak akan menyebabkan kulitmu langsung rusak. Ada beberapa hal lain yang tidak boleh kamu lakukan pada wajah, bagaimanapun keadaan kulitmu.

  • Memecahkan jerawat sendiri

This is a very bad idea. Satu: kulit jauh lebih mungkin untuk mendapat bekas luka setelah muncul jerawat, dan bekas luka sulit sekali memudar. Dua: jari-jari kita adalah sarang banyak bakteri, dan jerawat adalah infeksi lokal. Hasilnya: jerawat akan muncul kembali, dan tak hanya satu. Jadi ketika dorongan untuk bermain dengan jerawat muncul, tahan tanganmu. Jika masalah jerawatmu tak kunjung selesai, pergilah ke dermatologis atau dokter kulit.

  • Mencoba untuk memecah jerawat batu

Jerawat batu atau cystic acne memiliki kelasnya sendiri. Dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK, MHA, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, mengatakan bahwa jerawat batu adalah jerawat yang sudah sangat parah terinfeksi, jauh di lapisan kulit bawah, jadi mereka tak akan matang seperti jerawat biasa. Juga, jerawat batu menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, sehingga mencoba untuk memecahkannya hanya memperburuk masalah.

  • Terlalu sering exfoliating atau peeling wajah

Exfoliating membuat pori-pori terbuka dan kulit tampak segar, tapi terlalu sering melakukan facial wajah dapat menyebabkan iritasi yang tidak perlu. Kulit akan kehilangan lapisan pelindungnya, dan tanpa lapisan tersebut, kulit dapat terkena racun dari lingkungan sekitar, dan kerusakan akibat sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini.

  • Tidur dengan makeup

Celebrities might do that, but it’s still a bad idea. Tidur dengan makeup secara teratur dapat mengakibatkan jerawat, kulit kering, dan iritasi mata. Agak mengerikan, kan? 

  • Tidak cukup tidur

Tidur yang cukup sangat penting efeknya pada kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit kering, jerawat, bercak kemerahan, dan lingkaran hitam di bawah mata.

  • Tidak memakai sunscreen setiap hari

Dermatologis merekomendasikan mengenakan sunscreen setiap hari untuk melawan penuaan dini dan mengurangi kemungkinan pengembangan kanker kulit. Pilih sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan tone kulit wajahmu.

  • Tidak membersihkan kuas makeup

Sulit untuk membayangkan bahwa kuas-kuas makeup yang memberi hasil contouring indah tersebut dapat berkontribusi pada munculnya jerawat di wajah. Namun begitulah dampaknya jika kamu tidak mencucinya secara teratur! Untungnya persoalan cuci-mencuci ini tidak terlalu merepotkan: brushfoundation dan concealer harus dibersihkan seminggu sekali, sementara kuas untuk mata hanya perlu dibersihkan setiap bulan.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com