Kamu Harus Tahu, Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pakai Masker

Kamu Harus Tahu, Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pakai Mask
ISTOCK

Sebelum menggunakan masker, ternyata ada hal yang harus kamu ketahui dan lakukan.

Woop ingin tanya; perawatan wajah apa yang sering kamu lakukan di rumah (terutama untuk mengisi me time)? Jika kamu menjawab maskeran berarti kita sama. Yep, menggunakan masker wajah memang menjadi rutinitas wajib yang dilakukan oleh perempuan setiap minggu, tujuannya adalah untuk mendapatkan wajah yang bebas dari minyak, jerawat, melembapkan wajah, dan membuat kulit kembali menjadi elastis.

Ada banyak jenis masker yang bisa kamu dapatkan di drugstore ataupun membuatnya sendiri di rumah. Sementara itu, banyak orang juga yang lebih memilih bahan alami untuk dijadikan masker, seperti telur, mentimun, lemon, bahkan madu. Namun ternyata ada hal yang harus diketahui sebelum menggunakan masker lho. Apa saja? Maka dari itu, Woop menanyakannya kepada seorang dermatolog dari RKD’s Clinic Jakarta, Dr. Hj. Ratna Komala Dewi, Sp.KK, M.Kes.

“Pastinya, yang harus diketahui terlebih dahulu adalah jenis kulit yang kita miliki. Setelah itu, apa saja kebutuhan yang diinginkan. Misalnya, ingin putih, ingin lembap, ingin bebas jerawat dan lain sebagainya. Namun kita juga harus melihat dari jenis dan kebutuhan disesuaikan dengan jenis masker yang ingin digunakan. Karena sekarang, jenis masker sangat beraneka ragam dan bentuk. Ada beberapa jenis masker; bubuk/peel off, biasanya berupa bubuk yang jika kering dikelupas. Ada juga bentuk collagen, krim, gel, dan berbentuk tissue. Perlu diketahui masker paling bagus adalah yang berbentuk tissue atau kertas, karena komposisinya dan kemasan sesuai wajah seseorang, mudah menyerap, dan hygiene. Sekali pakai langsung buang,” ungkapnya.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Rekomendasi Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

Noted, Dok! Jangan lupa untuk memperhatikan segala hal penting sesuai kebutuhan kulitmu ya.

“Oh iya, jangan lupa untuk mencuci muka terlebih dahulu. Hukumnya wajib! Supaya kulit wajah bersih dari kotoran, makeup, debu, sehingga masker pun bisa menyerap serta berfungsi secara optimal,” sarannya.

Yep, karena tidak ingin membeli kucing dalam karung. Jadi, bahan seperti apa yang harus dihindari dan digunakan ketika ingin membeli atau membuat masker dari bahan alami?

“Tentunya, bahan yang baik digunakan untuk dijadikan masker adalah bahan-bahan alami seperti ekstrak buah, ekstrak bunga, ekstrak Vitamin C, dan lainnya. Sedangkan, yang harus dihindari yaitu masker yang mengandung zat merkuri yang bisa mengakibatkan rusaknya kulit. Satu lagi, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa putih telur atau kuning telur harus dihindari, karena jika memakainya akan menyebabkan wajah yang berjerawat semakin jerawatan,” jawabnya.

Oke, paham! Lantas, seberapa lama waktu yang optimal dalam menggunakan masker?

“Waktu yang baik menggunakan masker adalah 15 sampai 20 menit. Jika terlalu lama menggunakan masker akan mengakibatkan kulit kering dan dapat menimbulkan iritasi atau kemerahan pada kulit,” jawabnya.

Selanjutnya: Sering bertanya-tanya, kenapa Presiden Jokowi selalu terlihat bugar (padahal pekerjaannya banyak)? Temukan rahasianya di sini

Loading Facebook Comment ...