Kapas atau Tisu: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah?

Kapas atau Tisu: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah?
WOOP.ID/YOGO TRIYOGO

Keduanya berwarna putih, tapi efeknya bisa berbeda untuk wajah.

Sebelum tidur membersihkan wajah? Pastinya. Pakai tisu atau kapas? Memang ada bedanya? Konon ada. Paling tidak ada yang berpendapat tisu lebih baik, dan sebaliknya, kapas lebih baik. Haruskah dibuat serumit itu? Menurut Juliana Yu, MD.H, NH., seorang cosmetologist, dermatologist, dan nutritionist, “Kapas itu memiliki fungsi yang spesial. Kapas itu asal muasalnya dari tumbuhan yang memiliki serat khusus, melalui proses yang cukup panjang dalam pengolahannya. Tanaman kapas bisa digunakan untuk banyak hal, bisa sebagai end use kapas, maupun bisa dipakai sebagai bahan perawatan kulit sensitif. Adajuga yang disebut treatment kapas.

daihatsu banner

“Nah, dari penjelasan saya ini, kalau end use-nya sebagai bahan kapas, maka kita harus lihat dari teksturnya. Ada yang halus dan ada yang kasar, tergantung kualitasnya saja. Tekstur yang bagus itu sangat halus, tidak mengikis kulit, dan sangat nyaman saat dipakai. Jadi, bukannya kapas tidak baik, tapi harus dilihat dari kualitasnya,” tambahnya. 

Dengan kata lain, kapas masih baik digunakan untuk membersihkan wajah. Meski kualitasnya harus diperhatikan sebelum menggunakan untuk membersihkan wajah. Namun, bagaimana dengan penggunaan tisu?

Juliana kembali menjelaskan: “Sebenarnya kapas ataupun tisu mempunyai fungsi yang sama, sebagai alat untuk mengangkat sisa-sisa makeup. Tapi kedua benda itu mempunyai kekuatan sendiri. Biasanya saya menyarankan pasien untuk menggunakan tisu kering saat mengangkat cleansing cream yang mereka pakai. Atau saat mereka menggunakan scrub untuk mengangkat sisa-sisa yang masih tertinggal di wajah, saat scrub sudah diaplikasikan ke wajah. Sedangkan, untuk kapas lebih saya sarankan saat menggunakan cleansing yang berupa lotion, ataupun saat menggunakan toner sebagai kompres mata.

“Efek yang timbul akibat penggunaan kapas dan tisu tentu berbeda, karena penggunaan yang berbeda. Misalnya, jika membersihkan wajah dengan cleansing milk atau deep lotion cleansing, maka dianjurkan menggunakan kapas. Alasannya karena kapas memiliki tekstur lembut yang bisa mengangkat sisa makeup yang menempel di wajah. Sedangkan tisu digunakan untuk menggangkat sisa makeup berupa cream, karena tisu lebih mampu untuk mengangkat minyak dari wajah."

Shop From Our Partner Cathaofficial.com