Kasus Langka: Kisah Perempuan yang Tak Bisa Dengar Suara Pria

Kasus Langka: Kisah Perempuan yang Tak Bisa Dengar Suara Pria
(Ilustrasi) iStock

Duh, menderita gangguan pendengaran, wanita ini tak bisa mendengar suara pria. Kok bisa?

Ya, seorang wanita Tionghoa baru-baru ini membuat heboh setelah didiagnosis gangguan pendengaran yang langka. Anehnya, si penderita tidak bisa mendengar suara frekuensi rendah seperti suara pria.

daihatsu banner

Waduh, terus bagaimana ya pertama kali ia mengalami hal tersebut? Perempuan dari Xiamen itu bercerita kalau ia mengetahui ada yang tak beres saat bangun tidur. 

Jadi, ketika bangun pagi ia menyadari kalau dirinya tak bisa mendengar apa pun yang dikatakan kekasihnya. Ia bahkan merasa mual dan telinganya berdengung pada malam sebelumnya.

Perempuan yang lebih akrab disapa Chen itu berpikir kalau dengan tidur, telinganya bisa pulih kembali. Namun ternyata tidak. Huh.

Chen kemudian pergi ke rumah sakit THT. Dokter mendiagnosisnya kalau ini kondisi langka yang dikenal sebagai reverse-slope hearing loss (gangguan pendengaran terbalik).

“Dia dapat mendengar saya ketika saya berbicara dengannya tapi saat pasien pria berjalan depannya sambil berbicara, dia tak mendengar sama sekali,” ujar Dr. Lin Xiaoqing, spesialis THT di Qianpu Hospital, China.

Data menunjukkan kalau kondisi ini hanya dialami satu banding 13 ribu orang. Beberapa orang tidak dapat mendengar suara frekuensi rendah hanya seperti dengungan kulkas sehingga tak mengganggu kehidupan mereka sehar-hari. 

Berbeda dengan Chen yang kasusnya lebih ekstrem. Kondisinya membuat ia tak bisa mendengar suara pria serta yang berfrekuensi rendah lainnya. 

Dr. Lin mengatakan kalau kasus ini dipicu oleh stres. Chen mengaku itu karena ia suka bekerja seharian dan tak cukup tidur. Saat ini, ia masih terapi dan menjalin komunikasi dengan kekasihnya hanya melalui SMS serta belajar bahasa isyarat. 

Jangan mudah stres ya kalau tidak mau mengalami kasus seperti Chen.

Selanjutnya: Ketika kamu sedang stres, Woop menyarankan untuk mengonsumsi delapan makanan ini ya...

Shop From Our Partner Cathaofficial.com