Kebiasaan Ini Harus Segera Dihentikan Agar Kulit Wajah Sehat

Kebiasaan Ini Harus Segera Dihentikan Agar Kulit Wajah Sehat
ISTOCK

ASAP.

Kabar tidak menyenangkan: kesehatan kulit wajah tidak hanya bergantung 101% kepada kecanggihan dan kemahalan pembersih wajahmu. Beberapa aktivitas yang sering kita lakukan (sadar atau tidak), berkontribusi juga pada kemulusan wajah. Jika wajah sehat dan bersih adalah salah satu tujuan hidupmu selama ini, semua itu harus dihentikan. 

Berbicara Lewat Telepon

Semua bakteri yang terakumulasi di layar telepon, bercampur dengan minyak wajah dan bakteri lain. Menurut Which? smartphones, kibor, dan tablet terkontaminasi dengan kuman lebih daripada toilet umum! Yikes! Ganti kebiasaan ini dengan menjawab telepon dengan speaker phone, menggunakan headphones atau bersihkan layar teleponmu sesering mungkin untuk mencegah munculnya jerawat dan iritasi kulit.

Mempunyai Pikiran Negatif

Penelitian terbaru dari Olay dan 23andMe, sebuah organisasi yang mempelajari dan menganalisa DNA, memperlihatkan korelasi antara sikap positif dengan melambatnya penuaan kulit. “Penemuan ini sangat menarik karena memperlihatkan bahwa sebenarnya perempuan bisa mengendalikan sendiri kecantikan mereka,” kata Dr. Freuke Neuser kepada Byrdie.co.uk. “Dari penelitian ini diketahui bahwa memiliki kulit yang terlihat muda tidak semata-mata tergantung pada keberuntungan; genetik memiliki peran penting, tapi faktor-faktor yang bisa dikontrol oleh perempuan mempunyai efek yang lebih besar.” Memang stress sepertinya akan selalu menghantui hidup kita, tapi berusaha untuk memiliki pola pikir positif menjadi sangat penting dalam rutinitas sehari-hari dan kecantikan.

Tidur dengan Makeup

Yah, yah, ada hari-hari ini dimana kita capek luar biasa dan berpikir membiarkan makeup menempel di wajah semalam saja harusnya tidak akan membuat dunia kiamat—skenario terburuk adalah sarung bantal kotor dan harus diganti besoknya. Begitu pikirmu, tapi ternyata tidak. Ini akan membuat radikal bebas dari siang hari menempel di makeup dan kulit sehiangga mempercepat proses penuaan. Ingat: mencuci muka sebelum tidur untuk melepaskan sisa makeup dan polusi memampukan wajah untuk sembuh dan meremajakannya dalam semalam.

Lupa Melembabkan bagian Bawah Dagu

Salah satu kesalahan besar yang sering kita lakukan adalah sangat telaten merawat kulit wajah tapi tidak terlalu memperhatikan leher dan dada. Mulai sekarang, pastikan pembersih, krim pelindung sinar matahari, hidrator, dan produk anti penuaan diaplikasikan juga di area ini.

Mencongkel Wajah

Tangan siapa yang tidak gatal ingin cepat-cepat mencabut jerawat yang muncul di bagian dagu? Sayangnya, saat melakukan ini kulit akan trauma dan meradang yang bisa mengarah kepada iritasi dan pada akhirnya, membuat wajah lebih rusak dibandingkan membiarkan jerawat tersebut bercokol selama beberapa hari di atas hidung. Jika kamu memang sangat putus asa dengan jerawat tersebut, mintalah pertolongan dermatolog untuk memperbaiki kulitmu dalam waktu lebih singkat.

Jarang Mencuci Sarung Bantal

Selama tidur, sarung bantal terhinggapi semua sisa minyak, kotoran, bakteri dan kulit mati dari wajah. Oleh karena itu, usahakan untuk mencucinya sekali seminggu. Ini juga merupakan bentuk investasi terhadap kesehatan kulit wajah.

Membersihkan Wajah dengan Kasar

Kita mungkin berpikir bahwa semakin keras digosok, akan semakin bersih wajah. Sayangnya, jaman secanggih ini cara tersebut sudah tidak berlaku lagi karena bahan-bahan di dalam pembersih wajahmu akan tetap melakukan fungsinya meskipun kamu membersihkannya dengan lembut. Gerakan kasar saat mencuci wajah akan merusak permukaan kulit yang memicu iritasi berlebihan dan radang.

Tidur Hanya Satu Sisi

HALAMAN
12