Kemungkinannya 99%: Selama Ini Kamu Salah Mengoleskan Tabir Surya

Kemungkinannya 99%: Selama Ini Kamu Salah Mengoleskan Tabir Surya
ISTOCK

Terlalu tipis.

Jika kamu termasuk dalam kategori yang selalu mengaplikasikan tabir surya setiap hari, tidak peduli mendung, terik atau hujan—selamat, kamu juara! Namun, belum tentu cara pemakaiannya. Pasalnya, layaknya fungsi penelitian pada umumnya yakni membuyarkan apa yang kita tahu, sebuah studi baru menyimpulkan ketika diaplikasikan secara topikal, tabir surya hanya menyediakan 40% perlindungan yang kita harapkan dari faktor SPF tersebut. Padahal, mayoritas kanker disebabkan oleh kerusakan DNA akibat radiasi sinar UV dari matahari—dan kerusakan ini bisa dicegah ketika tabir surya dioleskan dengan ketebalan antara 1,3 sampai 2,0 miligram per sentimeter persegi. Sementara kebanyakan orang (mungkin termasuk kamu dan saya), biasanya hanya mengaplikasikannya sampai dengan 0,75. *Pasang wajah terkejut. 

Lantas apa yang bisa dilakukan? Seperti yang dipublikasikan oleh The Guardian, pertama dan utama, para ilmuwan dari King's College London ini menyarankan untuk menggunakan SPF yang lebih tinggi sebagai kompensasi kemungkinan mengaplikasikan tabir surya terlalu tipis. Dan percayalah, kemungkinan kamu mengoleskannya terlalu tipis sangat besar. “Biasanya orang berpikir itu cukup, padahal sebenarnya tidak," ujarAntony Young, ketua penelitian tersebut dan seorang profesor fotobiologi eksperimental dari institusi itu. "Contohnya, jika kamu memakai SPF20 dan mengoleskannya lebih tipis dari 0,75 miligram per sentimeter persegi, level proteksi yang sebenarnya kamu dapatkan hanya sebesar SPF4."  Kesimpulannya, disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. 

Kedua, tidak hanya mengandalkan tabir surya, tapi cobalah gunakan pelindung ekstra: pakaian dan payung. Yep, payungmu yang menyebalkan dan membuat tasmu berat itu memang sangat berjasa untuk melindungi kulit dari serangan sinar matahari, terutama setelah jam 10 pagi! 

SHOP OUR SUNSCREEN PICKS BELOW

img

Sun Bum Sunscreen Lip Balm SPF 30

Sangat terjangkau, menghidrasi dan tahan lama. Mau apa lagi?

img

Coola Full Spectrum 360 Sun Silk Drops SPF 30

Jika kamu adalah "pengamat" setia layar komputer, TV dan ponsel, pertimbangkan untuk mencoba ini. Tidak hanya 100% vegan dan organik, yang paling membuatnya berbeda adalah mampu melindungki kulitmu dari UVA/UVB, infrared dan high-energy visible light.

img

Babo Botanicals Clear Zine Sport Stick Sunscreen

Merek ini dikenal menghasilkan produk-produk untuk bayi, anak-anak, dan pemilik kulit sensitif. Tabir surya yang satu ini 100% bebas dari zinc, susu, soya, gluten, dan fragrance—jadi cocok untuk mereka yang cepat alergi dengan bahan-bahan tabir surya biasa.

img

Avène Eau Thermale Mineral Light Hydrating Sunscreen Lotion

Salah satu tabir surya yang dibuat untuk pemilik kulit sensitif. Tidak mengandung bahan-bahan kimia yang mengiritasi kulit, tapi tetap bisa melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas dengan maksimal. Dengan pengalaman lebih dari 270 tahun merawat kulit sensitif, sepertinya produk ini bisa dipercaya. 

img

Tatcha Silken Pore Perfecting Sunscreen

Legendaris. Broad-spectrum coverage, tekstur ringan dan halus—plus, juga bisa berfungsi sebagai primer.

img