Kenapa Perempuan Lebih Bahagia di Kantor daripada Rumah?

Kenapa Perempuan Lebih Bahagia di Kantor daripada Rumah?
iStock

Apa secara tidak sadar kamu juga mengakuinya? Kata studi perempuan lebih bahagia berada di kantor daripada rumah.

Sebagian perempuan sering menyalahkan kantor sebagai tempat yang penuh tekanan dan berharap cepat pulang. Kamu salah satunya? Meski demikian, hal ini bertentangan dengan penelitian dari Penn State University, Amerika Serikat. 

daihatsu banner

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa seorang pekerja khususnya perempuan bisa mengurangi stres mereka saat berada di kantor daripada di rumah. Para peneliti menganalisis kadar kortisol (hormon stres) dari 122 responden selama seminggu dan juga meminta mereka untuk menilai suasana hati pada waktu yang berbeda dalam sehari. Studi ini menyimpulkan bahwa pekerja berkurang stresnya saat berada di kantor daripada di rumah mereka.

Perempuan VS Laki-laki

Menggali lebih dalam tentang hal ini, para peneliti juga menyatakan bahwa perempuan cenderung lebih bahagia di tempat kerja dan pria cenderung lebih bahagia di rumah. Lho? Kok bisa sih? Ini juga membingungkan. Namun temuan tersebut konsisten ketika dilihat dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi responden.

img

Kenapa demikian?

Peneliti mengatakan kalau kepuasan kerja adalah faktor utama. Perempuan cenderung berhenti dari pekerjaan tidak mereka sukai dan beralih pada pekerjaan lain yang lebih nyaman. Di sisi lain, pria cenderung memilih pekerjaan yang tidak memuaskan tapi penghasilan besar serta memutuskan menghabiskan waktu bersantai di rumah.

Perempuan di sini juga dibagi menjadi dua, yang sudah punya anak dan tidak. Ternyata perempuan yang sudah menjadi ibu lebih berkurang stresnya di kantor. Anak dianggap membantu meningkatkan suasana hati mereka dan mengurangi ‘tekanan’ yang ada di rumah.

Para ahli pun berpendapat bahwa berada di kantor memberikan perempuan waktu lebih longgar untuk jadwal pagi yang sibuk di rumah seperti mengurus anak atau anggota keluarga lainnya. ‘Tugas’ di rumah bisa meningkatkan stres perempuan. 

Hasil penelitian juga mengungkap waktu tingkat stres paling rendah baik perempuan maupun laki-laki adalah setiap akhir pekan. Ini tidak mengejutkan, di mana semua bisa merasa rileks. 

Meski demikian, temuan-temuan penelitian tidak dapat dianggap seluruhnya benar dalam setiap kasus karena ukuran sampel kecil. 

Selanjutnya: ini kesalahan pakai kartu kredit yang sering dilakukan perempuan. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com