Kenapa Tak Disarankan Tiup Lilin Saat Ulang Tahun?

Kenapa Tak Disarankan Tiup Lilin Saat Ulang Tahun?
iStock

Bukan karena agama melainkan ada alasan kesehatan di baliknya. 

Apa rutinitas ulang tahunmu? Malam hari diberikan surprise oleh orang-orang tercinta dengan mendapatkan ucapan selamat dan salam, yang akhirnya, tiup lilin di atas kue ulang tahun, setelah itu makan bersama. Di Indonesia, tiup lilin saat ulang tahun sering dikaitkan dengan tradisi masyarakat Barat dan tidak dianjurkan karena bukan ajaran agama.

daihatsu banner

Memang betul, namun tak sekadar itu sebenarnya. Meniup lilin di atas kue ulang tahun bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu. Jika ingin bebas dari penyakit, kamu disarankan BERHENTI tiup lilin saat ulang tahun. Apa yang akan terjadi jika masih terus melakukannya?

img

Kamu mungkin tak sependapat ketika diminta untuk berhenti meniup lilin saat perayaan hari lahir dan merasa bahwa ulang tahun tidak lengkap tanpa kebiasaan meniup lilin. Tahukah kamun kalau tradisi itu meningkatkan risiko penyebaran bakteri pada kue, setidaknya 15 ribu persen lebih banyak? Itu disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.

Memakan kue setelah lilin ditiup bisa mencemari berbagai penyakit ke atas kue tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan di South Carolina oleh Clemson University menemukan kalau lilin pada kue meningkatkan risiko bakteri yang lebih banyak dibandingkan ketika lilin sedang tidak digunakan. Hal ini dikarenakan transfer aerosol yang terjadi ketika lilin mengeluarkan zat panas.

Dalam hal yang sama, para peneliti mengamati sepotong kue berlapis gula dan menyalakan lilin di atasnya. Setelah lilin ditiup, mereka menunggu selama 15 menit dan kemudian mencatat pertumbuhan bakteri sebelum lilin dinyalakan dan pascamati ditiup. Ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. 

Hasilnya menunjukkan, ada peningkatan besar dalam pertumbuhan bakteri pada kue. Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan kalau lingkungan yang lembap setelah lilin ditiup memungkinkan berbagai jenis bakteri tumbuh di atas kue, setidaknya 100 jenis berbeda. Hiii...

Jadi haruskah kamu sepenuhnya menghindarinya? Sebaiknya iya, kamu harus khawatir dan berhati-hati tentang infeksi virus yang bisa mengganggu kesehatan. Namun ketika kamu merasa sehat silakan saja melakukan ritual tersebut.

Ini karena menurut penelitian, banyak bakteri yang dapat menyebar pada lapisan gula tidak berbahaya dan sistem kekebalan tubuh sangat siap untuk melawannya. Akan tetapi, skenario terburuknya ketika orang yang ulang tahun dan memotong kue sedang sakit atau menunjukkan gejala infeksi, seperti pilek, batuk atau flu. Boleh saja ikut prosesi tiup lilin namun tidak memakan kue itu.

Selanjutnya: beralih ke kasus yang belakangan sedang ramai dibahas, di mana istri memidanakan suaminya karena dipaksa berhubungan seks. Kenapa sampai setega itu? Ini kata psikolog.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com