Jangan Diabaikan! Ini Dampak Fatal Pelecehan Seksual untuk Korban

Jangan Diabaikan! Ini Dampak Fatal Pelecehan Seksual
Pelecehan Seksual

Tak begitu diperhatikan, pelecehan seksual bisa berdampak fatal bagi para korbannya. Pelajari dampaknya lebih lanjut!

Di zaman sekarang, pelecehan seksual masih sering terjadi dan masih banyak masyarakat luas yang tidak mempedulikan masalah tersebut. Seperti yang kita tahu, pelecehan seksual adalah tindakan senonoh terkait seks yang tidak diinginkan, bisanya terjadi dengan memaksa para korban melalui sentuhan-sentuhan seksual, ajakan seksual, dan juga sindiran verbal terkait bagian tubuh tertentu.

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, baik di tempat umum sepert bis, pasar, sekolah, kantor, maupun ditempat pribadi seperti rumah. Menurut studi Value Champion, Indonesia berada di peringkat kedua negara yang paling berbahaya untuk perempuan di wilayah Asia Pasifik. Meski begitu. kasus pelecehan seksual masih dianggap sebagai hal yang tabu di masyarakat. Untuk lebih memahaminya, ini dia dampak pelecehan seksual pada korban. 

Dampak pelecehan seksual pada korban

1. Mental illness

Penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaaan dan perilaku seseorang. Tidak sedikit korban kekerasan yang mengalami gangguan kejiwaan karena terlalu shock akibat kejadian harassment yang dialaminya. Rendahnya pengetahuan tentang gejala ini bisa membuat korban memiliki gangguan jiwa yg lebih besar.

2. Mental breakdown

Mengalami pelecehan seksual dapat membuat korban memiliki reaksi panik dan cemas yang berlebihan, hal itu pun bisa menyebabkan korban merasa lebih waspada pada apapun sehingga membuat orang di sekelilingnya merasa tidak nyaman.

Pelecehan Seksual
Pelecehan Seksual

3. Insecure

korban pelecehan akan merasa insecure dimana korban merasa bahwa diri mereka tidak berharga lagi. Korban akan lebih menutup diri, dan lebih sering overthinking pada dirinya sendiri dan kehilangan kepercayaan diri.

4. Bunuh diri

Salah satu dampak serius yang terjadi karena pelecehan seksual yaitu bunuh diri. Banyak masyarakat yang tidak tahu tentang kasus dimana para korban kehilangan nyawanya akibat tidak dapat bertahan lagi. Korban akan mengalami depresi sehingga dapat menyakiti dirinya sendiri dengan disengaja dan menghilangkan nyawanya sendiri.

Baca juga: Hindari Rasa Minder Akibat PCOS, Ini Cara Simpelnya!

Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan terhadap seorang korban pelecehan seksual, korban mengaku bahwa mereka mengalami shock berat, tidak bisa berbuat apa-apa, stress berat yang pada akhirnya membuat korban menjadi depresi.

Apakah keluarga, teman atau kerabat kerjamu pernah mengalami pelecehan seksual? Berikut cara menangani para korban pelecehan seksual.

Pelecehan Seksual
Pelecehan Seksual

1. Tetap berada disisi mereka

Disaat seseorang mengalami pelecehan seksual korban akan mengalami shock dan trauma, maka dari itu kita harus tetap disamping mereka agar korban akan tetap tenang hingga ketakutan korban itu hilang

2. Ajak mereka liburan

Dengan mengajak mereka liburan setidaknya korban bisa melupakan hal buruk yang korban alami. Dengan mengajak korban liburan akan mengurangi phobia untuk bertemu orang banyak sehingga korban akan lebih mudah untuk menerima lingkungan seperti dulu.

3. Temani mereka ke tempat umum

Dengan menemani mereka beraktivitas seperti dulu lagi akan membuat korban lebih tenang karena adanya perlindungan dari kita. Korban akan lebih mudah merasa nyaman dilingkungan sekitar ketika ada seseorang yang menemaninya.

Dampak pelecehan seksual adalah hal serius yang harus kita sadari. Jika tidak ditangani dengan maksimal korban akan mengalami depresi yang mendalam dapat membat korban bunuh diri. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus lebih tau dan sadar akan pelecehan seksual.(Kontributor/Niken Ayu)

Selanjutnya: Jangan sampai salah memilih pil KB, sebelum membelinya perhatikan lebih dulu hal-hal berikut ini. Yuk simak ulasannya!