Kertas Contekan: Memilih Produk Dandan sesuai Jenis Kulit

Kertas Contekan: Memilih Produk Dandan sesuai Jenis Kulit
ISTOCK

Kulit berjerawat, sensitif, dan beralergi.

Memang sepertinya segala sesuatu di dunia diciptakan dalam berbagai ragam, mulai dari kepribadian, bentuk jempol, warna mata, lekukan betis, sampai jenis kulit. Jadinya, berdasarkan perbedaan kulit tersebut, logikanya berbeda jugalah produk perawatannya. 

Dr. Eddy Karta, SpKK., seorang dermatovenereologis atau ahli kesehatan kulit, mengatakan: “Memilih makeup memang harus sesuai dengan jenis kulit kita. Seperti untuk kulit yang sering alergi, sensitif dan berjerawat.” Oleh karena itu, berbagai faktor harus dipertimbangkan sebelum memilih dan akhirnya memutuskan membeli dan memakai produk tersebut. 

KULIT BERALERGI

Eddy Karta menjelaskan bahwa untuk kulit yang sering mengalami hal ini, alergi pada umumnya meluas melebihi area yang dipakaikan kosmetik dan gejala yang dominan ialah gatal atau panas. "Untuk memastikan sebuah alergi sebaiknya berkonsultasi ke dokter karena alergi dapat menjadi serius. Dan karena kulit mudah alergi terhadap bahan-bahan dalam makeup, maka disarankan untuk tidak memakai makeup terlalu banyak macam, dan batasi pada beberapa produk yang kandungan bahan kimianya sesedikit mungkin. Disarankan memilih makeup yang memberikan jaminan fragrance-free, hypoallergenic, organic, mineral natural color, paraben-free, dan preservative-free,” jelasnya. 

Dia juga menambahkan untuk melakukan sampling terlebih dahulu saat ingin menggunakan produk baru. "Lakukan pada daerah bagian cupping telinga atau bagian dalam lengan bawah seukuran uang logam dan diamkan selama satu hari untuk melihat apakah timbul alerginya.”

KULIT SENSITIF

Sedangkan untuk kulit wajah yang sensitif, Eddy Karta menjelaskan: "Kebanyakan problem dengan makeup didasari reaksi iritasi dan semakin lama kontak dengan makeup semakin besar derajat iritasinya. Oleh karena itu, biasakan untuk membersihkan makeup dengan seksama bila sudah tidak diperlukan." Selain itu, perhatikan bahan-bahan yang terdapat di dalam produk tersebut. Hindari menggunakan produk berbahan yang termasuk dalam golongan fragrance, artificial pigment, pengawet, dan bahan-bahan yang terlalu asam atau alkali. Plus, "Rawatlah muka dengan bahan moisturizer, hyaluronic acid dan niacinamide yang bisa meningkatkan ketahanan kulit terhadap iritasi.”

Eddy Karta juga menyarankan untuk menggunakan bentuk powder karena tidak mengandung banyak campuran zat iritan. Di sisi lain, dia tidak menganjurkan pemakaian shimmer dan glitter pada daerah kelopak mata yang pasti akan lebih sensitif daripada sekitar kulit wajah. "Biasanya, yang memiliki kulit sensitif umumnya memiliki wajah lebih kering, sehingga disarankan untuk tidak menggosoknya dengan kasar saat membersihkan wajah,” imbuhnya.

KULIT MUDAH BERJERAWAT

Selain dua hal di atas, masalah yang paling sering menyerang semua jenis kulit adalah jerawat. Ibarat mahluk dunia lain, jerawat selalu datang tanpa permisi dan membuat kita stress. “Pori-pori kulit wajah pada orang yang berjerawat mudah tersumbat oleh komponen kosmetik ataupun merupakan reaksi peradangan, atau merupakan hasil produksi komedonya sendiri, sehingga perlu dihindari bahan-bahan dalam kosmetik yang sifatnya menutup pori atau komedogenik. Kamu hanya perlu menghindari bahan seperi butter, mineral oil, castor oil, lanolin, stearate, sulfate, alcohol, glyceryl. Dan carilah keterangan noncomedogenic pada label produk.”

Ahli kesehatan kulit ini pun mengatakan untuk mencuci muka dengan sabun yang cocok paling tidak tiga kali sehari jika kita sering memakai makeup, dan juga melakukan fasial jika sudah terbentuk banyak komedo. "Gunakan bahan-bahan yang mengandung tea tree oil, bnzoyl peroxide, salicylic acid, karena dapat mengendalikan laju pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan akibat aktivitas bakteri tersebut.”