Efektif Untuk Program Hamil, Ketahui Apa Itu Folavit, Manfaat, Dosis Tepat dan Efek Sampingnya!

Ketahui Apa Itu Folavit, Manfaat dan Efek Sampingnya!
Ketahui Apa Itu Folavit

Berikut Woop akan menjelaskan tentang apa itu Folavit, manfaat, dosis tepat dan efek sampingnya.

Apakah kamu pernah dengar folavit atau asam folat? Vitamin ini ternyata sangat baik dikonsumsi oleh perempuan yang sedang hamil. Asam folat atau yang sering disebut sebagai vitamin B9 ini merupakan jenis vitamin B kompleks yang bisa larut dalam air. Selain dengan asupan sayur dan buah, kamu juga bisa mendapatkan manfaat asam folat ini dari vitamin yang dijual dipasaran. Nah, salah satu merek vitamin dengan kandungan asam folat didalamnya dinamakan folavit.

Enggak hanya untuk ibu hamil saja, namun vitamin ini bisa dikonsumsi untuk perempuan yang sedang melakukan promil juga untuk mengoptimalkan program kehamilannya. Bila kamu ingin mengetahui lebih lanjut, berikut Woop sudah merangkum apa itu folavit, manfaat, dosis tepat dan efek sampingnya. Yuk keep on reading, Woop Ladies!

Apa itu Folavit?

Pengertian Folavit
Pengertian Folavit

Folavit adalah merek suplemen dengan kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat memiliki peran penting dalam pembentukan sel-sel DNA. Hal ini lah yang membuat asam folat sangat baik untuk tumbuh kembang si janin. Tetapi enggak hanya ibu hamil atau perempuan yang sedang melakukan promil saja, zat ini secara umum sangat berguna untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh, lho.

Manfaat Folavit

Manfaat Folavit
Manfaat Folavit

Berikut adalah berbagai macam manfaat folavit yang bisa kamu rasakan berdasarkan kandungan asam folat yang ada didalamnya.

1. Mempersiapkan program kehamilan

Asam folat ini enggak hanya baik dikonsumsi oleh perempuan yang mempersiapkan program kehamilan, tetapi baik juga dikonsumsi oleh pria. Pria yang mengonsumsi folavit dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma, dan menjauhkan kemungkinan kelainan sperma yang bisa membuat bayi lahir kurang sempurna.

2. Suplemen nutrisi ibu hamil dan menyusui

Asam folat yang terkandung dalam folavit bermanfaat pada proses pembentukan jaringan tubuh bayi. Oleh karena itu suplemen ini sangat dibutuhkan terutama pada awal kehamilan untuk mencegah terjadinya kecacatan. Bagi ibu menyusui, asam folat berguna untuk memenuhi asupan nutrisi harian.

3. Mengobati anemia

Folavit mampu mengobati anemia karena mempunyai peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Jenis anemia yang bisa diobati oleh folavit adalah anemia megaloblastic atau anemia akibat kelalaian pembentukan DNA sel darah merah yang kekurangan nutrisi.

Baca juga: Apa Itu Asam Salisilat, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Dosis Tepat Folavit

Dosis Tepat Folavit
Dosis Tepat Folavit

Dosis folavit untuk yang kekurangan asam folat adalah 400-800 mcg sekali dalam sehari. Untuk dalam usia subur, hamil dan menyusui diperlukan 800 mcg persekali sehari. Beberapa sumber memperbolehkan minimal 400 mcg asam folat perhari untuk ibu hamil. Pada kondisi tertentu mungkin memperlukan penyesuaian dosis, maka dari itu Woop sarankan sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Efek Samping Folavit

Efek Samping Folavit
Efek Samping Folavit

Walaupun folavit adalah suplemen yang relatif aman untuk dikonsumsi, tapi masih ada kemungkinan munculnya efek samping untuk yang mengkonsumsi dengan kondisi tertentu atau bisa juga akibat penggunaan dosis yang enggak tepat.

1. Alergi