Khasiat Kulit Apel untuk Menurunkan Berat Badan

Khasiat Kulit Apel untuk Menurunkan Berat Badan
istock

Memiliki kebiasaan mengupas kulit apel? Sebaiknya kamu ubah kebiasaan ini ya.

Saat memakan buah apel, kamu tim yang memakannya dengan kulit atau tanpa kulit? Beberapa orang memang mengupas apel terlebih dahulu karena banyak pestisida yang melapisi kulitnya. Namun tidak sedikit yang memakan kulit apel tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Penelitian di University of New york, Amerika Serikat, menjelaskan, “Kulit apel dinyatakan memiliki tiga kandungan antioksida yang sangat penting bagi tubuh, yaitu quercetinapicatechin, dan procyanidin. Ketiga antioksidan ini dapat membantu pencegahan kulit keriput memberikan perlindungan sel tubuh, membuka penyumbatan pembuluh darah, sampai mencegah penyakit jantung.”

Tidak hanya itu, masih ada manfaat lainnya dari kulit apel. Apa saja?

1. Memiliki banyak nutrisi

img

Seperti dilansir dari lama Reuters, sebuah apel berukuran besar dengan kulit mengandung 116 kkal energi, 5.4 gram serat, 239 miligram kalium, 10 miligram vitamin C, 4,9 mikrogram vitamin K, dan 120 IU vitamin A.

2. Mengurangi risiko kanker

img

Menurut penelitian di Polandia yang berjudul European Journal of Cancer Prevention mengungkapkan, “Makan apel beserta kulitnya setiap hari secara teratur dapat mengurangi risiko perkembangan kanker, karena apel mengandung sejenis protein yang disebut maspin. Protein ini bekerja dengan menghambat pembentukan pembuluh darah disekitar tumor serta mencegah sel kanker menyebar.”

3. Melancarkan pencernaan