Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Pikun

Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Pikun
ISTOCK

Masih muda tapi sering lupa. Sepertinya mulai saat ini kamu harus mengonsumsi 7 makanan ini. Karena bisa membantu meningkatkan daya ingatmu.

Apakah kamu tahu, berapa berat otak kita? Yep, otak yang kita miliki hanya seberat kira-kira 1,3 kg (sangat kecil dibandingkan dengan berat badan keseluruhan). Namun ternyata otak memakan 20% kalori yang kita konsumsi setiap harinya. Meskipun begitu, otak memiliki fungsi dan tanggung jawab yang luar biasa terhadap tubuh seperti mengontrol setiap gerakan (kadang-kadang tanpa sadar), bertanggung jawab terhadap kepribadian kita, kemampuan berbicara dan berkomunikasi, bergerak, dan mengambil keputusan. Itulah sebabnya kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang tidak sehat, karena bisa membuat otak tidak bekerja secara maksimal, sehingga membuat daya ingat kita menjadi kurang tajam. Alhasil, jadi pelupa. Oleh sebab itu, Woop menyarankan kamu untuk mulai mengonsumsi 7 makanan dan minuman yang dianggap mampu mempertajam daya ingat.

Ikan

img

Perbanyakan makan ikan! Ternyata ajakan Ibu Susi Pudjiastuti itu benar harus kita terapkan dalam hidup. Karena ikan mengandung minyak Omega-3 yang memang penting untuk kesehatan otak. Sebuah studi dari Louisiana State University memperlihatkan bahwa mengonsumsi ikan bisa melindungi diri dari kemungkinan terkena Alzheimer. Penelitian lain menunjukkan minyak ikan memperlambat proses penuaan dan meningkatkan fungsi otak. Para nutrisionis menganjurkan untuk mengomsumsi dua porsi ikan setiap minggunya.

Kopi

img

Mungkin, ini yang jadi penyebab banyaknya gerai kopi belakangan ini. Ternyata, minum kopi tiga sampai lima gelas sehari saat masih muda (ingat baik-baik, sebelum 65 tahun), diperkirakan bisa mengurangi resiko terkena Alzheimer dan demensia. Karena kafein yang terdapat di dalam kopi dapat mencegah kehilangan ingatan dan meningkatkan daya ingat, dan juga melindungi otak dari Parkinson dan Alzheimer.

Sayuran Hijau

img

Bagi kamu yang tidak suka makan sayur, cobalah untuk mulai menyukainya sekarang juga. Karena sayuran hijau bisa meningkatkan daya ingat. Contohnya seperti bayam yang mengandung folic acid tinggi dan sangat efektif untuk melindungi otak dari kehilangan daya ingat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga esensial untuk otak karena mampu menghancurkan radikal-radikal bebas. Sementara sayur hijau lainnya seperti kale dan brokoli mengandung vitamin E yang bagus untuk sel-sel otak. Menariknya lagi nih, kale dan brokoli memiliki bentuk yang mirip dengan otak!