Kulit Wajah Kering? Jangan Sembarangan Pilih Skincare

Kulit Wajah Kering? Jangan Sembarangan Pilih Skincare
istock

Alih-alih ingin tampil cantik, salah memilih skincare justru akan membuat kulitmu semakin kering.

Menjaga kesehatan kulit wajah sudah menjadi kebutuhan untuk setiap perempuan. Kebanyakan  dari mereka sudah memiliki produk skincare favoritnya. Namun tidak semua skincare yang beredar di pasaran cocok dengan jenis wajahmu.

Hati-hati bagi pemula yang baru ingin mencoba dunia per-skincare-an. Terutama bagi yang memiliki kulit kering, ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat kamu ingin memilih produk skincare. Apa saja?

1. Pilih skin cleanser yang lembut

img

Membersihkan wajah setiap habis keluar rumah ataupun make up merupakan sebuah keharusan. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah wajah pembersih wajah yang lembut. Usahakan yang tidak mengandung alkohol dan pewangi karena zat tersebut hanya akan menambah efek kering pada wajah. 

Lebih baik gunakan oil-based dan cleanser berbahan alami seperti pembersih yang mengandung minyak kelapa atau olive oil. Kamu juga harus menghindari cuci wajah dengan sabun yang berlabel ’scrub’ atau ‘foaming’.

2. Gunakan moisturizing

img

Pilihlah moisturizer yang berbentuk krim karena lebih berisiko kecil menyebabkan iritasi pada kulit. Perhatikan juga kandungan yang terdapat pada moisturizer yang kamu beli, olive oil, jojoba oil, dan shea oil adalah yang paling baik untuk diaplikasikan ke kulit kering. Selain itu, bahan seperti mineral oil, lactic acid, dan lanonin juga bisa mengurangi efek kering pada kulit.

3. Pakai Toner

img

Cobalah mulai sekarang untuk menggunakan toner. Selain untuk membersihkan sisa-sisa make up, ternyata toner juga bisa memberikan efek segar pada kulit, sekaligus membersihkan sisa-sisa sel-sel kering di permukaan wajah. Namun ingat, jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol ya!

4. Gunakan sunscreen

img

Penggunaan sunscreen sangat penting agar kulit kita tidak terpapar terlalu banyak sinar UV, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit kering. Pilihlah produk sunscreen yang berbahan dasar air untuk menjaga kulit agar tetap segar seharian. Aplikasikan setiap hari sebelum kamu menggunakan produk kecantikan lainnya.

Selanjutnya: Sering minder karena bau kaki? Menghilangkan bau kaki ternyata bisa dilakukan dengan cara mudah dan murah lho. Cari tahu selengkapnya di sini.