Apakah Kurang Tidur Bisa Bisa Sebabkan Gangguan Mental?

Apakah Kurang Tidur Bisa Bisa Sebabkan Gangguan Mental?
ISTOCK

Ternyata kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental. Simak penjelasannya di bawah ini. 

WOOP.ID - Deadline pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat kita harus begadang untuk menyelesaikannya. Padahal kurang tidur bisa membuat suasana hati berantakan keesokan harinya, ditambah lagi tubuh akan mudah lelah di siang hari.

Yep, sehingga kebiasaan begadang menjadi hal yang tidak baik jika sering dilakukan. Tidak hanya berakibat buruk pada kondisi emosional, menurut jurnal dari Harvard Health Publising, kurang tidur bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental.

Hasil Penelitian Kurang Tidur yang Menyebabkan Gangguan Mental

istock
istock

Studi genetik yang dilakukan oleh University of Exeter, berhasil mengumpulkan data dari 250 ribu partisipan yang mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan genetik bernama 23andMe.

Baca: Cegah Gangguan Depresi, Terapkan 5 Strategi Self-Help Ini!

Para partisipan kemudian ditanya mengenai kebiasaan mereka, apakah mereka termasuk sebagai ‘morning person’ atau seorang ‘evening person’.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan, genom mereka kemudian dianalisa, dan hasilnya menunjukkan gen-gen tertentu dari orang-orang tersebut yang diduga memengaruhi pola tidur mereka.

img

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang bergadang hingga larut memiliki kemungkinan 10% lebih besar untuk mengalami rasa cemas di kemudian hari.

Baca: Ketidaksetaraan di Kantor Jadi Penyebab Gangguan Mental?

Meski begitu, penelitian ini tidak menunjukkan adanya risiko obesitas dan diabetes bagi mereka yang bergadang hingga larut.