Ladies, Ini 7 Penyebab Perut Tetap Buncit

Ladies, Ini 7 Penyebab Perut Tetap Buncit
ISTOCK

Padahal sedang tidak hamil dan sudah berolahraga dan berdiet, tapi tetap saja perut membuncit. Maka dari itu, kenali penyebab perut buncit kamu di sini. 

Sering tidak percaya diri karena perut terlihat buncit? Yep, mungkin ini yang dirasakan oleh semua perempuan. Tumpukan lemak di bagian perut memang akan membuat perut terlihat buncit. Selain kurang enak dilihat ternyata perut buncit menjadi sebuah penanda bahwa adanya penyakit serius. Meski sudah melakukan olahraga secara rutin dan berdiet tak menjamin perut akan cepat mengecil dan rata. Kok bisa? Sebab ada faktor penyebab yang akan membuat perutmu tetap buncit.

1. USIA YANG SEMAKIN MENUA

Ini perlu ditekankan, usia memang tidak bisa dibohongi. Seiring bertambahnya usia, tubuh juga akan mengalami banyak perubahan, termasuk soal berat badan. Metabolisme yang melambat dan perubahan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh menjadi penyebab perut akan membuncit. Satu lagi, memasuki masa menopause yang terjadi pada perempun akan membuat produksi hormon estrogen dan progesteron melambat, begitupun juga dengan kadar testosteron. Perubahan hormon itulah yang membuat perempuan lebih mudah menimbun lemak di area perut.

2. MENGONSUMSI ALKOHOL

Salah satu minuman yang mengandung banyak kalori. Kalori yang terdapat dalam alkohol tidak bisa disimpan oleh tubuh yang membuat metabolisme tidak berjalan dengan baik dan tidak membakar lemak.

3. OLAHRAGA YANG SALAH

Memang benar dengan olahraga kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat, sekaligus berat badan yang proposional. Namun jika kamu melakukan olahraga yang salah, bukannya sehat malah dapat membuat perutmu membuncit. Jadi, pilihlah kombinasi olahraga yang benar. Misalnya menyatukan olahraga kardio dengan olahraga yang bisa membentuk massa otot, karena bisa membakar lemak dan kalori dengan cepat.

4. MENGONSUMSI MAKANAN OLAHAN

Sekarang ini kita bisa dengan mudah mendapatkan makanan olahan di supermarket. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan yang mengandung bahan pengawet, pemanis, pewarna buatan akan meningkatkan inflamasi dalam tubuh dan sekaligus menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan lemak di perut. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan gandum utuh.    

5. MENGONSUMSI LEMAK YANG SALAH