7 Langkah-langkah Mencuci Tangan Dengan Benar

7 Langkah-langkah Mencuci Tangan Dengan Benar
Mencuci tangan hingga bersih

Langkah-langkah mencuci tangan dengan benar menurut WHO agar terhindar dari penyakit, kuman, bakteri dan virus yang jahat

WOOP.ID - Mencuci tangan sesuai prosedur yang benar merupakan salah satu cara untuk membunuh kuman penyebab penyakit.

Kamu harus rajin mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Terutama sebelum makan, minum obat, atau melepas dan memasang lensa kontak.

Cuci tangan juga harus dilakukan setelah melakukan buang air kecil dan buang air besar, menyentuh binatang peliharaan, membuang sampah, dan saat merawat luka.

Bagaimana sih urutan mencuci tangan dengan benar? 

Berikut urutan 7 cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit. 

Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar Menurut WHO

Dimasa pandemic seperti ini sangatlah penting untuk menjaga kebersihan diri, salah satunya dengan cara rajin bercuci tangan sebelum atau sesudah melakukan aktifitas tertentu. Yuk kita simak urutannya :

  1. Basahi kedua telapak tangan kamu setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan kamu secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan kamu secara bergantian.
  3. Jangan lupa juga jari-jari tangan, gosok sela-sela jari tangan kamu hingga bersih. Rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling kaitkan jari layaknya orang tengah berdoa. Selanjutnya, saling gosok sela-sela jari tersebut. 
  4. Bersihkan ujung jari kamu secara bergantian dengan mengatupkannya.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari kamu secara bergantian. Gosok memutar selama beberapa kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya. Yakni giliran jempol kanan yang digosok memutar menggunakan telapak tangan kiri. 
  6. Kuncupkan jari dan putar di atas telapak tangan. Caranya, kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putar selama sekitar 10 detik. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya. Langkah cuci tangan yang bermanfaat membersihkan daerah kuku ini tentu akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong. 
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan kamu secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan kamu dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. 

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk kebersihan tangan yang maksimal.

Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh kamu.

Pastikan kamu mencuci tangan secara benar yaa sobat Woop! Apalagi dimasa pandemic seperti sekarang ini.

Waktu Mencuci Tangan

Kamu dapat membantu diri sendiri dan orang yang kamu cintai agar tetap sehat dengan sering mencuci tangan, terutama pada saat-saat penting berikut dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC):

  1. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  2. Sebelum dan sesudah makan.
  3. Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare.
  4. Sebelum dan sesudah merawat luka atau luka.
  5. Setelah menggunakan toilet.
  6. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet.
  7. Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  8. Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  9. Setelah memberi makanan hewan atau camilan hewan peliharaan.
  10. Setelah menyentuh sampah.

Untuk mencegah penyebaran kuman selama pandemi COVID-19, Kamu juga harus mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol untuk membersihkan tangan sebelum dan setelah :

  1. Menyentuh mata, hidung, atau mulut kamu.
  2. Menyentuh muka kamu.
  3. Memasuki dan meninggalkan tempat umum
  4. Menyentuh barang atau permukaan yang mungkin sering disentuh orang lain, seperti gagang pintu, meja, pompa bensin, kereta belanja, atau layar kasir elektronik.

Apa Saja Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Tangan?

Meski tampak sederhana, nyatanya masih banyak orang yang mencuci tangan dengan cara yang salah. Kamu salah satunya tidak? Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat mencuci tangan :

Shop From Our Partner Cathaofficial.com