Makin Banyak Orang Menggunakan Air Beras untuk RambutIni Alasannya

Makin Banyak Orang Menggunakan Air Beras untuk RambutIni Alasannya
ISTOCK

Jangan dibuang air bekas membersihkan beras!

Buang sampomu—dan hentikan diet tanpa nasimu. Pasalnya, ternyata ada cara lain yang konon lebih ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Perkenalkan: air beras untuk pertumbuhan rambut. Untuk yang sudah tahu dan melakukan hal ini selama bertahun-tahun, selamat kamu sungguh hebat! Namun, kemungkinan besar kamu belum tahu bahwa istilah ini sangat populer di mesin pencari Google—naik sampai 2000%—dan banyak video, blog yang mendedikasikan diri pada rutinitas ini. Dan mereka bersumpah bahwa cara ini sangat ampuh, sehingga tidak heran sekarang menjadi sebuah tren. 

Definisi air beras

Dalam hal ini, secara harfiah benar-benar berarti air bekas membersihkan beras. Yep, air yang biasanya dibuang oleh kamu, ibu, atau si mbak di rumah setelah mencuci beras. Dan ini sama sekali dilakukan bukan karena iseng, karena ternyata kebiasaan ini berasal dari tradisi Jepang kuno bernama Yu-Su-Ru, yakni para perempuan Jepang akan mencuci rambut mereka dengan air beras untuk menguatkannya. 

Beras mengandung protein; satu gelas beras biasa kira-kira 6 gram dan beras cokelat empat sampai lima gram. Selain itu di dalamnya juga terdapat sebuah bahan yang disebut inositol, yang menurut penelitian disimpulkan bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak. Dan air beras sendiri kaya akan asam amino dan vitamin sehingga rambut bisa tumbuh lebih cepat. 

Manfaat Air Beras

1. Meningkatkan elastisitas rambut.

2. Melembutkan helai-helai rambut.

3. Memperkuat rambut.

4. Mengurangi ketombe.

5. Merawat rambut rusak. 

6. Melembutkan kulit kepala. 

Cara Penggunaannya

Bahan-bahan: satu gelas beras, satu gelas air (bisa disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut), saringan, dan baskom kosong. 

Langkah-langkah:

  • Tuangkan beras ke dalam satu gelas air, aduk sampai air berubah menjadi putih seperti susu.
  • Ambil baskom dan letakkan saringan di atasnya. 
  • Tuangkan air berisikan beras ke atas saringan dengan baskom di bawahnya; saringan ini akan menahan semua beras, sehingga air jernih.
  • Bawa ke kamar mandi, keramas seperti biasa dengan sampo dan kondisioner (jadi jangan buang sampomu).
  • Berikutnya, cuci rambut dengan air beras tersebut; pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan selama dua sampai lima menit.
  • Lalu bilas rambut dengan air putih biasa. Lakukan ini satu atau dua kali seminggu.
  • Jika ada sisa air beras, masukkan ke dalam kontainer, tutup rapat, simpan di dalam kulkas; siap dipakai ketika dibutuhkan lagi.

Catatan penting: Ada banyak variasi melakukan hal ini—beberapa memilih untuk memasak nasi terlebih dahulu, sementara yang lain dengan beras mentah. Namun yang pasti, air beras bermanfaat untuk setiap jenis rambut. Untuk cara lain, coba lihat di sini.

Loading Facebook Comment ...