7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya!

7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya!
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun kelor merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun, lho. Berikut manfaatnya.

Ternyata pada saat ini di negara barat ataupun timur, daun kelor sedang menjadi perbincangan hangat. Karena, dari berbagai penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta yang begitu mengagumkan dibalik manfaat daun kelor untuk kesehatan. Bahkan ilmuwan sampai menjuluki daun bernama ilmiah Moringa oleifera ini dengan sebutan 'Miracle Tree'.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut Woop sudah rangkum beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya!

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

1. Anti Stres

Stres berlebih
Anti Stres

Tanaman ini memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres. Dan manfaat daun kelor ini ternyata sudah digunakan berabad-abad lalu untuk mengurangi stres sekaligus meningkatkan daya tahan serta kesehatan tubuh.

2. Memepertahankan kesehatan dan menguatkan tulang

Memepertahankan kesehatan dan menguatkan tulang
Memepertahankan kesehatan dan menguatkan tulang

Sifat anti peradangan yang bisa diperoleh dari daun kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan membantu menyembuhkan tulang yang rusak. Dan daun kelor ini mengandung kalsium dan fosform yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

3. Memperlambat penuaan dini

Mencegah penuaan dini
Memperlambat penuaan dini

Berbagai kandungan mineral dan asam amino pada daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan keratin, yang berperan penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit.

Dan jelasnya senyawa zeatin yang terkandung dalam daun kelor juga terbukti mampu memperlambat efek penuaan dini. 

4. Mengobati asma

Mengobati asma
Mengobati asma

Daun yang dikenal mistis ini dapat membantu mengurangi asma dan melindungi bronkial dari penyempitan. Daun kelor juga terbukti membantu paru-paru dan pernafasan berfungsi secara keseluruhan. 

5. Memaksimalkan kesehatan mata

Menyehatkan mata
Memaksimalkan kesehatan mata

Daun kelor mеmiliki kаndungаn vitаmin А yаng tinggi, bаhkаn 4 kаli lеbih tinggi dibаndingkаn wоrtеl. Maka dari itu, араbilа kоnsumsi daun kelor sеtiар hаri mаmрu mеmbеrikаn еfеk kesehatan yang bеsаr tеrhаdар mаtа.

Baca juga: Tentang Ashitaba--Daun Ajaib yang Bisa Membuatmu Awet Muda

6. Menghambat sel kanker

Menghambat sel kanker
Menghambat sel kanker

Tеlаh ditunjukkаn dаlаm studi jаringаn sеl kаnkеr sеrviks, bahwa ekstrаk kelor mеncеgаh реrtumbuhаn dаn rерrоduksi sеl-sеl kаnkеr. Ilmuwan terkemuka juga mеnyimрulkаn bаhwа daun kelor mеnunjukkаn роtеnsi sеbаgаi реncеgаhаn аlаmi.

7. Booster tenaga

Lakukan 5 Hal Ini Saat Olahraga Jika Tak Mau Kulit Rusak - 1
booster tenaga

Mengandung zat besi juga kalsium yang begitu tinggi, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai energy booster ketika tubuh sedang mengalami kelelahan karena sakit atau hal lainnya.

Cara mengonsumsi daun kelor

Bila ingin mengonsumsi daun kelor yang masih segar, sebaiknya segera dikonsumsi maksimal 4 jam setelah pemetikan. Daun kelor mudah mengalami proses fermentasi, bila daunnya sudah layu dan menguning, nutrisi dari daun kelor mengurang.

  • Diolah menjadi teh

    Diolah menjadi teh
    Diolah menjadi teh

Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan daun kelor dan letakkan di nampan dan di udara terbuka. Jika daun kelor sudah kering sempurna, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus. Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus dan letakkan di tempat yang sejuk. Ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk, setelah itu seduh dengan air panas.

  • Diolah menjadi sayur bening

    Diolah menjadi sayur bening
    Diolah menjadi sayur bening

Panaskan air di panci secukupnya. Masukkan sayur favoritmu, kemudian masak hingga matang. Masukkan bawang merah, kemudian bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Terakhir, masukkan kelor, tomat, dan daun kemangi. Masak sampai sedikit layu, kira-kira 5 menit. Sayur bening kelor pun bisa kamu konsumsi dengan nasi putih.

Nah, itulah manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara mengonsumsinya yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Woop Ladies!

Selanjutnya: Rupanya minuman enak ini bisa kamu buat, tidak hanyak nikmat tapi juga bisa untuk melangsingkan tubuh. Berikut cara membuat diet smoothies!

Loading Facebook Comment ...