7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya!

7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya!
Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Selain daging buahnya yang mengandung banyak gizi, daun sirsak pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah sirsak dikenal dengan rasanya yang asam manis. Dengan kulitnya yang berduri, buah ini dikenal efektif mengobati kanker, mencegah atau menghambat sel kanker. Tak hanya buahnya, tetapi daun sirsak juga berkhasiat untuk kesehatan. Yup, memangsudah sering terdengar, konon katanya rebusan daun sirsak bisa mencegah berbagai macam penyakit. Yuk simak rangkuman Woop mengenai manfaat daun sirsak!

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Mengobati kista ovarium

Mengobati kista ovarium
Mengobati kista ovarium

Menderita kista ovarium tentu tidak ada yang menginginkannya. Kista tersebut jika dibiarkan akan tumbuh jadi kanker. Dengan kandungan alami dalam daun sirsak, kista ini bisa diobati.

2. Menghambat sel kanker

Menghambat sel kanker
Menghambat sel kanker

Kandungan ini bisa dibilang lebih cepat menghambat penyebaran sel kanker dibandingkan kemoterapi. Karena kandungan Acetogenin pada sirsak 10.000 kali lebih kuat dari obat Adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten.

3. Meningkatkan kesuburan

Meningkatkan kesuburan
Meningkatkan kesuburan

Daun sirsak ternyata ampuh tingkatkan kesuburan. Terbukti dapat meningkatkan produksi jumlah sperma para pria dan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim.

4. Menghilangkan kutu

Menghilangkan kutu
Menghilangkan kutu

Siapa sangka, daun sirsak bisa menghilangkan kutu. Kandungan daun sirsak sangat beracun bagi kutu dan parasit. Caranya pun mudah, kamu tinggal mencuci rambut dengan rebusan air daun ini.

Baca juga: 10 Manfaat Baik Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi komedo

Mengurangi komedo
Mengurangi komedo

Daun sirsak yang telah dihaluskan dan ditambah dengan sedikit air mawar ampuh banget mencegah munculnya komedo. Tidak cuma itu, daun sirsak juga berkhasiat untuk ringankan eksim.

6. Mengobati kolestrol

Mengobati kolestrol
Mengobati kolestrol

Menderita kolesterol tinggi, tentu merasa badan benar-benar tidak sehat. Mulai dari sakit kepala sampai badan sakit semua. Namun dengan rebusan daun sirsak, itu semua bisa diatasi. Dengan kamu rutin mengonsumsi daun sirsam, manfaatnya akan terasa.

7. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata
Menyehatkan mata

Daun sirsak bermanfaat untuk menyehatkan mata. Bisa dikombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E dan beta karoten. Kombinasi semua itu bisa menurunkan risiko perkembangan penyakit mata, termasuk katarak 20-25%.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Cara mengolah daun sirsak
Cara mengolah daun sirsak

Bila kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan daun sirsak, maka kamu harus mengolahnya dengan benar. Adapun cara merebus daun sirsak yang benar seperti berikut

Bahan yang digunakan:

Siapkan 5 sampai 7 lembar daun sirsak kering. Pastikan daun sirsaknya berkualitas baik dan pengeringan dilakukan di bawah sinar matahari. Dan siapkan satu liter air.

Prosedur masak daun sirsak:

  • Rebus air ke dalam panic hingga mendidih.
  • Masukkan daun sirsak satu per satu dan kecilkan api.
  • Rebus daun sirsak skurang lebih 10 sampai 20 menit.
  • Setelah mendidih, tuangkan air rebusannya ke dalam teko.
  • Biarkan hingga air rebusannya dingin.
  • Setelah itu, air rebusan daun sirsak bisa diminum.
  • Minumlah sebanyak satu gelas atau sebanyak 250 ml sebanyak 3 kali sehari.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: Ketimbang mengonsumsi obat-obatan, cepat kurus lebih aman dilakukan secara alami, yaitu dengan mengubah gaya hidup yang dijalani.

Loading Facebook Comment ...