Mencegah Kanker, Ini 8 Manfaat Jamu Beras Kencur!

Mencegah Kanker, Ini 8 Manfaat Jamu Beras Kencur!
Manfaat Jamu Beras Kencur

Kamu harus tau berbagai manfaat dari jamu beras kencur yang baik untuk kesehatan ini. Bisa mencegah kanker!

Jamu, jenis minuman tradisional ini tentu saja sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak jenis jamu, beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Meski namanya beras kencur, jamu manis dengan aroma herbal yang kuat ini ternyata diracik dari jahe, asam jawa, gula jawa, daun pandan, dan beberapa bahan lainnya. Sangat banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh jamu beras kencur yang tentu saja baik untuk tubuh. Apa saja ya manfaat dari jamu beras kencur? Berikut Woop sudah merangkumnya.

Manfaat Jamu Beras Kencur

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membantu kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam jamu beras kencur dapat menghambat berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mengobati batuk berdahak

Manfaat Jamu Beras Kencur - Mengobati batuk berdahak
Manfaat Jamu Beras Kencur - Mengobati batuk berdahak

Jamu beras kencur memiliki manfaat untuk mengencerkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lega dan rasa gatal pada tenggorokan juga akan hilang. Dengan demikian, kondisi tenggorokan akan kembali pulih dan batuk pun akan sembuh.

3. Meredakan diare

Manfaat Jamu Beras Kencur - Meredakan diare
Manfaat Jamu Beras Kencur - Meredakan diare

Sebuah penelitian menemukan bahwa jamu beras kencur mampu membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Maka dari itu, jamu beras kencur memiliki manfaat sebagai obat diare alami.

4. Menyembuhkan sariawan

Kencur sebagai bahan utama jamu ini dapat menyembuhkan sariawan. Rasa hangat dan sifat antibakterinya dapat meringankan sariawan. Jamu beras kencur juga memiliki kandungan minyak atsiri untuk membersihkan tenggorokan.

Baca juga: Review Acaraki Jamu—Sensasi Menjajal Jamu dengan Teknik Baru

5. Meredakan flu

Manfaat Jamu Beras Kencur - Meredakan flu
Manfaat Jamu Beras Kencur - Meredakan flu

Manfaat lainnya dari jamu beras kencur adalah mampu meredakan flu. Jamu beras kencur menghasilkan efek hangat bagi tubuh. Efek hangat tersebut mampu mengatasi rasa mual dan meriang karena flu.

6. Mempertahankan gula darah normal

Sebuah penelitian menemukan bahwa jamu beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal bahkan setelah kamu berhenti mengonsumsi jamu ini.

7. Mencegah kanker

Kandungan etil p-metoksisinamat di dalam beras kencur dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

8. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat Jamu Beras Kencur - Meningkatkan nafsu makan
Manfaat Jamu Beras Kencur - Meningkatkan nafsu makan

Jamu beras kencur terkenal akan khasiatnya yang mampu meningkatkan nafsu makan. Hal ini sangat berguna terutama bagi kamu yang memiliki nafsu makan rendah atau bagi anak-anak yang kurang bernafsu makan.

Nah, itu dia berbagai manfaat dari jamu beras kencur yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, biasakan rutin meminum jamu beras kencur, ya!

Selanjutnya: Dari totok aura sampai terapi rempah, Woop merekomendasikan 4 perawatan kecantikan tradisional yang bisa kamu coba di rumah ataupun salon.

Loading Facebook Comment ...