Redakan Nyeri Menstruasi, Ini 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan!

Atasi Nyeri Haid! Ini 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan
Redakan Nyeri Menstruasi, Ini 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan!

Taukah kamu, bahwa ternyata kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning, lho! Ini dia manfaat kunyit putih untuk kesehatan.

Apakah kamu masih asing dengan kunyit putih? Kalau kamu mengira tanaman ini sama dengan kunyit kuning, kamu salah. Kunyit putih memang masih cukup jarang terdengar, karena kunyit yang biasanya digunakan untuk bumbu masak atau keperluan sehari-hari lainnya adalah kunyit kuning. Namun sebenarnya, kunyit putih juga tidak kalah berkhasiat dari kunyit kuning. Kunyit putih biasanya digunakan sebagai bumbu kering oleh masyarakat di Indonesia. Rasa dari kunyit putih juga disebut-sebut mirip dengan jahe. Lalu, apa manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang tidak kalah berkhasiat dari kunyit kuning ini?

Manfaat Kunyit Putih

1. Meredakan nyeri menstruasi

Manfaat Kunyit Putih - Meredakan nyeri menstruasi
Manfaat Kunyit Putih - Meredakan nyeri menstruasi

Bagi sebagian besar perempuan manfaat ini tentu saja sangat menakjubkan. Sebagian besar perempuan memang selalu mengalami nyeri yang terkadang cukup menyakitkan ketika sedang menstruasi. Kunyit putih memiliki sifat pereda nyeri alami yang bekerja melemaskan kontraksi rahim penyebab nyeri saat menstruasi.

2. Mengatasi sakit maag

Kunyit putih dapat bermanfaat sebagai obat gangguan pencernaan secara alami. Kunyit putih juga mampu menghindari infeksi. Sakit maag yang muncul akibat luka di lambung yang menyebabkan infeksi dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit putih.

3. Mengobati masalah pernapasan

Kunyit putih juga mampu mengobati masalah pernapasan dengan cara mengatasi cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk pada paru-paru atau area lain dalam tubuh. Dahak dan lendir menghalangi saluran hidung sehingga menyebabkan masalah pernapasan seperti kesulitan pernapasan, pilek, batuk, dan asma.

Baca juga: 9 Manfaat Baik Buah Zuriat Selain untuk Program Hamil

4. Mengatasi alergi

Manfaat Kunyit Putih - Mengatasi alergi
Manfaat Kunyit Putih - Mengatasi alergi

Kunyit putih mengandung zat curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi serta terbukti mampu mengatasi gejala alergi yang terjadi pada kulit. Kunyit putih bekerja menghambat aktivitas penyebab peradangan yang disebabkan oleh alergi.

5. Menurunkan berat badan

Kunyit putih memiliki kandungan yang mampu berfungsi untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk lemak dan otot. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan gangguan metabolis lain yang diakibatkan oleh obesitas.

6. Mencegah jerawat

Manfaat Kunyit Putih - Mencegah jerawat
Manfaat Kunyit Putih - Mencegah jerawat

Kunyit putih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu membunuh berbagai macam kuman penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu, tanaman ini juga mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah dengan cara menggunakannya sebagai masker.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kunyit putih juga kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral, seperti potasium dan zat besi yang berfungsi untuk membangun sel darah merah. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya mampu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung.

Nah, itu dia beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan. Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah tertarik untuk mengonsumsinya?

Selanjutnya: Kamu harus tau berbagai manfaat dari jamu beras kencur yang baik untuk kesehatan ini. Bisa mencegah kanker!

Loading Facebook Comment ...