10 Manfaat Luar Biasa Lobak Putih untuk Perempuan

Turunkan Berat Badan! Ini 10 Manfaat Lobak Putih
ISTOCK

Lobak putih tak hanya bisa mengenyangkan tapi juga akan mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit perempuan. Apa manfaatnya?

Lobak putih adalah tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Tumbuhan lobak berasal dari Tiongkok atau Cina. Lobak putih atau yang bisa disebut juga daikon lobak jepang, mempunyai nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus. Sayuran yang masih satu keluarga dengan sayur kol dan lubis, sudah banyak dikembangkan di Indonesia khususnya di dataran tinggi atau pegunungan. 

Nah, ternyata lobak putih adalah sayuran banyak banget lho manfaatnya, yaitu untuk kesehatan dan juga kecantikan. Lobak putih sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat komplet untuk kebutuhan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, B1, B2, C, E, minyak atsiri, beta karotin, niasin, mangan, kolin, dan asam folik. Lobak putih juga kaya akan serat kasar dan mengandung kalsium, zat besi, fosfor, dan asam oksalat.

Untuk kamu yang yang sangat detail dalam konsumsi makanan, kandungan dalam lobak putih adalah dalam 100 gram sayur lobak putih bisa mengandung 21 kalori, 0,9 gram protein, 0,1 gram lemak, 4,2 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat.

Lobak juga kaya akan antioksidan, memiliki sifat antimikroba, serta antibakteri. Ini juga membantu dalam detoksifikasi tubuhmu. Bukan hanya itu saja, lobak juga mengandung banyak kualitas dan manfaat lainnya, simak yuk apa saja.

10 Manfaat Luar Biasa Lobak Putih

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Luar Biasa Lobak Putih untuk Perempuan - 0
Manfaat Luar Biasa Lobak Putih untuk berat badan

Lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Serat dapat mengikat lemak-lemak yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh. selain itu, dengan banyak mengonsumsi sumber serat seperti lobak putih, kamu akan cepat merasa kenyang dan rasa kenyang itu akan bertahan lama. Kamu bisa membuat lobak putih menjadi salad untuk makan siangmu.

2. Mencegah Kanker

Manfaat lobak putih
Manfaat lobak putih

Tidak sekadar mengandung antosianin saja, lobak putih juga memiliki vitamin C, folat, serta berbagai jenis zat antioksidan yang tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kanker adalah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi sehingga sel kanker dapat muncul dan tumbuh. Penelitian juga membuktikan bahwa antioksidan berpengaruh terhadap proses pengobatan kanker.

3. Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat lobak putih menurunkan darah tinggi
Manfaat lobak putih menurunkan darah tinggi

Di dalam lobak juga terkandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir di semua kasus, tekanan darah tinggi terjadi akibat terlalu banyaknya kadar natrium di dalam tubuh. Sedangkan cara kerja kalium bertolak belakang dengan natrium sehingga kalium dapat meredam efek samping yang ditimbulkan natrium dan mencegah tekanan darah naik.

4. Memutihkan Wajah

Manfaat Luar Biasa Lobak Putih untuk Perempuan - 1
Manfaat Lobak Putih memutihkan wajah

Manfaat lobak putih untuk kecantikan yang pertama adalah untuk memutihkan wajah. Lobak putih mengandung vitamin C cukup tinggi. Kamu pasti sudah tahu bahwa vitamin C adalah senyawa penting yang berperan dalam mencerahkan wajah. Bagaimana cara kamu mendapatkannya? Sederhana konsumsilah segelas jus lobak secara teratur atau masukkan ke dalam makananmu. 

5. Menghambat Penuaan Dini

Rahasia Kecantikan Artis Korea yang Jarang Perempuan Tahu - 4
Manfaat lobak putih untuk penuaan dini

Selain memutihkan wajah, manfaat lobak putih untuk kecantikan lainnya adalah menghambat terjadinya tanda-tanda penuaan dini. Sayuran ini berperan dalam menjaga peremajaan kulit karena terdapat kandungan vitamin A dan vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut mampu memudarkan keriput, garis halus, mengatasi flek hitam, dan kulit yang kering. Kamu bisa membuat jus lobak putih dicampur dengan Bbuah papaya atau wortel untuk dijadikan masker kemudian oleskan ke seluruh wajahmu. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Meredakan Sakit Tenggorokan

ISTOCK
Manfaat Lobak Putih Meredakan Sakit Tenggorokan

Jangan pernah menganggap remeh sakit tenggorokan, karena jika sudah terkena akan sangat menyiksa. Kandungan vitamin C dan mineral di dalam lobak putih dipercaya pakar obat tradisional Tiongkok untuk mengobatinya. Bukan cuma itu, sayuran ini juga dipercaya menurunkan demam dan menyembuhkan peradangan.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat Lobak Putih untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang terdapat pada lobak putih berupa antioksidan dan berbagai macam vitamin juga dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dipercaya dapat memperbaiki metabolisme di dalam tubuh, lalu vitamin B dan E hingga potasium juga berkontribusi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cocok banget buat kamu yang mempunyai aktivitas dengan jadwal yang padat untuk menghalau berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Baca: Adakah Makanan yang Menyebabkan Kembung?

8. Melindungi Organ Hati

manfaat lobak putih
Manfaat Lobak Putih untuk Hati

Salah satu manfaat lobak putih yang paling vital juga dapat membantu membuang racun-racun dari dalam tubuh. Dengan begini, tubuh akan melakukan detoksifikasi sehingga hatimu bisa terbebas dari racun-racun berbahaya.

9. Mengatasi Osteoporosis

Vitamin C yang terkandung pada lobak putih juga bisa merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan. Hal ini membuat sayuran ini dapat mengatasi osteoporisis karena selain pembentukan kolagen, lobak putih juga dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

10. Mengatasi Jerawat dan Kulit Kering

SHUTTERSTOCK
Manfaat lobak putih untuk kulit

Kandungan air yang begitu banyak pada sayuran ini juga akan membantu kulitmu menjadi lebih lembab. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, dan zinc juga dapat membantu mengatasi kulit kering, jerawat, bahkan infeksi jamur sekalipun.

Wah, banyak sekali yaa manfaat lobak putih untuk kita. Coba yuk rajin konsumsi lobak mulai sekarang.

Selanjutnya: Kamu punya jerawat punggung? Berbahayakah? Ini kata dokter...

Loading Facebook Comment ...