Puting Payudara Berambut? Waspada Alasan Dibaliknya!

Memiliki Puting Berambut? Ini Dia Penyebabnya!
Puting Payudara

Apakah kamu memiliki rambut di puting payudara? Agar tidak salah tindakan, yuk cari tahu penyebab dibaliknya!

Jangan dulu panik saat kamu memiliki puting yang berbulu, karena itu termasuk hal yang normal. Namun jika rambut yang tumbuh jadi semakin banyak, barulah hal itu wajib kamu waspadai.

"Wanita membawa testosteron tingkat rendah di dalam tubuh mereka. Level ini biasanya terlalu rendah untuk menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan di tempat-tempat seperti wajah atau bahkan di sekitar puting," kata Michelle Chia, dokter di DTAP Clinic Bencoolen dilansir dari Asiaone. 

Nah, jika mengacu pada ucapan dokter tersebut, kata kunci yang perlu diperhatikan adalah 'berlebihan'. So, kamu nggak perlu khawatir dengan rambut di sekitar puting, kecuali pertumbuhannya mulai tak wajar.

Menurut Dr Chia, pertumbuhan rambut yang berlebihan di sekitar puting susu bisa jadi sebuah indikasi tingkat hormon pria yang terlalu tinggi di tubuh.

Gejala Kanker Payudara yang Paling Sering Muncul
Puting Payudara

"Kondisi paling umum terkait dengan kelebihan dalam pertumbuhan rambut ini adalah sindrom ovarium polikistik, di mana ada ketidakseimbangan hormon dengan produksi androgen yang berlebihan," katanya.

Ia lalu melanjutkan, "Inilah yang mengarah pada pertumbuhan rambut berlebihan di atas puting, wajah, lengan, kaki atau tubuh dan juga jerawat."

Jika tak nyaman, kamu bisa dengan mudah menghilangkannya lewat beberapa treatment, seperti mencukurnya, waxing, IPL atau laser hair removal. Meski begitu, jika tidak ada urgensi yang berlebihan sebaiknya tak perlu sampai mencukurnya ya, ladies!

"Karena area puting sangat sensitif, hair removal di area itu dapat menyebabkan iritasi kulit," kata Dr Chia.

Well, keputusan itu kembali lagi pada dirimu sendiri. Jika memang merasa pertumbuhannya sudah tak wajar, ada baiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapat tindakan yang tepat.

Selanjutnya: Diet ketat tapi belum mendapatkan hasil maksimal? Selain konsumsi makanan sehat dan olahraga, yuk coba merk obat diet berikut ini!

Loading Facebook Comment ...